Tentukan Cita-cita Anak Sejak Dini

RemajaIslamHebat.Com - Jika para Ibu ditanya apa cita – cita anak nya ? Pasti bermacam – macam. Namun ada hal mendasar yang perlu dipahami terlebih dahulu, apa itu ?. Pembahasan ini dipaparkan pada kajian parenting ahad 8 Oktober 2017. Berlangsung mulai pukul 9 pagi, para Ibu pendidik pertama telah memenuhi kediaman Ibu Halimah. Kajian parenting ini semoga dapat semakin menyadarkan peran Ibu sebagai tonggak pertama pembentuk generasi penerus peradaban Islam dengan menentukan cita – cita para buah hatinya.
.
 
Ustadzah Sarniah (Praktisi Pendidikan STP Khoiru Ummah Balikpapan) mengawali dengan menyampaikan bahwa para Ibu perlu memahami dahulu bahwa dirinya adalah hamba Allah. Tujuan hidupnya untuk Allah dan akan kembali kepada Allah (Adz Dzariyat : 56). Para Ibu menanamkan kepada anak sejak dini bahkan saat dalam kandungan tentang kehadiran Allah dengan selalu membiasakannya berdoa sebelum beraktivitas apa saja. Menyamakan cita-cita ibu dengan anak-anaknya yaitu dengan menanamkan sejak kecil. Tentu saja orang tua adalah teladan pertama dan terbaik yang mengawali perjalanan meraih cita – cita anak.
.

Lalu apa cita – cita anak yang ingin dibentuk orang tua ? Jadikan anak kita bercita – cita akhirat, tegas Ustadzah yang penuh semangat ini. Bercita – cita akhirat adalah capaian yang shohih (benar) yang akan menjadi buah manis yaitu Jannah. Sebagaimana nasihat Luqman kepada anak nya agar tidak berbangga dengan dunia (luqman : 18). Tentu saja proses membentuk anak – anak bercita – cita akhirat tidak mudah. Orang tua menjadi contoh pertama anak ketika ingin meraih cita – cita akhirat. Orang tua menjadi contoh pertama sholat 5 waktu dan tepat waktu, menghafal al quran, membaca al quran, mengingatkan sesama muslim, dakwah dan lain – lain.
.

Orang tua juga memberikan pemahaman bahwa aktivitas tersebut adalah aktivitas yang berbuah pahala. Dengan demikian cita – cita akhirat akan semakin menancap pada anak. Selalu motivasi, menanamkan secara berulang tanpa lelah adalah tips agar cita – cita akhirat terus menancap pada diri anak. Menjadi figur orang tua yang paling bertaqwa bagi anak. Senantiasa menuntut ilmu dan selalu komunikatif kepada anak. Bagaimanapuan anak kita adalah manusia bukan robot, sehingga diperlukan komunikasi yang aktif kepada anak.
.

Wahai Bapak Ibu.. Bersabar dan nikmatilah proses mendidik anak agar tertancap cita – cita akhirat. Yang akan menjadikan mereka generasi bertaqwa dan penerus kehidupan Islam. [ds] MuslimahKaffahID

Post a Comment

0 Comments