Mencari Solusi Tuntas Jerat Narkoba

RemajaIslamHebat.Com - Ibarat lingkaran setan yang tak dapat putus, penyalahgunaan narkoba terus menggurita. Bukannya mereda, masalah ini justru semakin hari semakin mengkhawatirkan. Bahkan di kota kecil seperti Kota Kendari baru-baru ini seakan menjadi epicentrum dan titik awal munculnya kasus penyalahgunaan obat illegal PCC. Maka tak berlebihan jika dikatakan Indonesia tengah mengalami darurat Narkoba. Padahal disisi lain, setiap tahunnya kampanye tentang bahaya narkoba terus digencarkan dalam berbagai seminar, workshop dan diskusi. Lalu mengapa remaja di Indonesia termasuk Kota Kendari terus menerus terjerat dalam kubangan penyalahgunaan obat-obatan terlarang?

Untuk menjawab hal tersebut, perlu ditelusuri lebih dahulu apa penyebab remaja terjerat ke dalam lembah hitam ini. Dalam dialog yang diselenggarakan oleh Forum Muslimah Peduli Umat dengan mengangkat tema Indonesia Darurat Narkoba pada Sabtu (30/9), terlebih dahulu narasumber pertama  dr. Sofyan Natsir yang menjelaskan secara medis bagaimana kerusakan dan gangguan yang disebabkan dari penyalahgunaan obat ini.
Sofyan lalu menyebutkan faktor utama yang sering membuat remaja terus menerus terjerumus menyalahgunakan Narkoba karena ingin menunjukkan eksitensi diri sebagai anak gaul. Tidak adanya benteng nilai-nilai agama dalam kehidupan menjadikannya lemah dan mudah untuk ikut-ikutan dengan lingkungan yang negatif.  Maka langkah pertama untuk mengatasi hal tersebut menurut narasumber kedua dr. Khadijah yang merupakan seorang psikolog menegaskan peran penting seorang Ibu dalam membina anak-anaknya dengan orientasi membentuk kualitas keimanan yang tebal.
Islam memiliki jalan keluar dari permasalahan ini. Narasumber ketiga Ibu Yuliana, S.P. menungkapkan kiat Islam menyelamatkan generasi dari penyalahgunaan obat-obatan. Pertama, peran serta seluruh pihak baik keluarga maupun lingkungan masyarakat.
“Semestinya, orang tua mendorong anak-anaknya untuk dekat dengan kajian dan majelis-majelis islam bukannya malah melarang.” Ujar ibu Yuliana.
Ibu Yuliana juga menegaskan lingkungan yang Islami justru menjadi perisai yang ampuh bagi anak agar tidak tergoda untuk mencoba narkoba dan sejenisnya. Lalu amar ma’ruf nahi mungkar ditengah-tengah masyarakan serta regulasi dan sanksi Islam yang tegas menjadi kunci utama menyelamatkan generasi dari jeratan narkoba.[]

Post a Comment

0 Comments