Daging Unta Yang Membatalkan Wudhu

RemajaIslamHebat.Com - Bismillah. Sore tadi jadwal taklim saya yang mengisi dengan anak-anak. Sekilas saya membahas ulang berkaitan dengan bersuci, hingga berwudhu. Intinya check pemahaman kembali. Sebisa mungkin tidak terlewat.

Ketika sedang ngobrol dan sampai kepada memberikan penjelasan pada hal-hal yang membatalkan wudhu, anak-anak sudah paham pada umumnya. bisa menjawab dengan baik. Namun 1 hal saya tambahkan, tahukah nak, makan daging unta juga termasuk membatalkan wudhu.

Anak kami yang no.2 bertanya?masa toh mi, kenapa ya kok dikhususkan. Daging lain gimana, batal juga gak?

Nah loh..nah loh kan...ibu wajib dan harus berILMU.

Jujur saja, saya juga kaget saat anak nanya balik. Gini nih, kalau jadi ibu ga cari tahu dulu detailnya saat menjelaskan. Pede aja bacain anak berdasarkan buku pegangan

Alhamdulillahnya, disaat yang sama pak su yang baru pulang udah duduk cukup lama di dekat kami untuk mendengarkan sedari awal saat saya menjelaskan ke anak-anak.

Tiba-tiba beliau nyeletuk, tahu gak kenapa daging unta membatalkan wudhu?
Jadi gini awalnya...kemudian cerita pak su mengalir menjelaskan latar belakang kenapa Rasulullah meminta para sahabat kembali berwudhu setelah makan daging unta kepada anak-anak.

Silahkan cari sendiri yaa. Terkesima juga saya saat mendengar penjelasan detail dari si bapak kepada anak-anak. Ternyata beliau tahu, kemana aja ya saya selama ini

Oh begitu toh..heuheueheu

Jujur saja jadi malu euy, segini usia saya, beneran juga baru tahu penyebab daging unta termasuk yang membatalkan wudhu

PESAN MORAL : Adakalanya saat menjelaskan ke anak, ga tiba-tiba membacakan buku. Cari tahu lebih detail sebelumnya akan lebih baik. Bahas dulu yang kita pahami, jika memang tidak bisa menjawab, gak usah malu dan ragu untuk sampaikan ini akan kita cari bareng ya dan diskusikan kembali berikutnya.

*MAKAN  DAGING  UNTA
Berdasarkan hadits al -Bara'bin 'Azib radhiallahu ta'ala anhu ,ia berkata ', RasulullahShalallahu'alaihi wasallam bersabda :
"Berwudhulah kalian karena makan daging unta, dan kalian tidak perlu berwudhu karena makan daging kambing ".
(HR. Abu Dawud,no.183,at-Tirmidzi,no.81,ibnu Majah,no .484 dan selainnya.Hadits ini memiliki beberapa penguat.silahkan lihat Sahih Muslim,no.360 ).

Jumhur ulama, berpendapat bahwa,berwudhu setelah makan daging unta tidak wajib, tetapi hanya di anjurkan. Akan tetapi pendapat yang mengatakan wajib berwudhu setelah makan daging unta, dan  membatalkan wudhu itulah pendapat yang kuat.
Imam an-Nawawi Rahimahullahu ta'ala anhu, berkata,'pendapat ini lebih kuat meskipun jumhur ulama menyelisihinya..
Wallahu a'lam bishowab..

*Hadist dicopas dari internet

Sumber:

Fb: Nurliani Ummu Nashifa-Zhafira

Post a Comment

0 Comments