SEMANGAT HIJRAH di Bulan Baru Hijriyyah

RemajaIslamHebat.Com - Sahabat Muslimah, tidak terasa hari ini tepat tanggal 1 Muharam, kita sudah memasuki tahun baru 1439 Hijriyah.Tahun yang tetapkan oleh Khalifah Umar bin Khatab sebagai tahun barunya umat Islam. Penetapan ini diambil dari peristiwa hijrahnya nabi Muhammad Saw, dari Makkah al Mukaramah ke Madinah al Munawarah.

“Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (see QS. An-Nisa’:100)

Sungguh firman Allah yang begitu indah, sebagai penghantar jalan bagi seorang muslim muslimah menuju hijrahnya.

Kurangnya ilmu, membuat kita buta dan rentan untuk terperosok ke dunia kejahiliyahan, karena segala amal hanya dapat dilakukan karena adanya ilmu. Namun janganlah hanya berdiam diri, ada jalan untuk kita berbenah pada sang Ilahi yaitu jalan hijrah yang bisa menuntun kita menuju jalan yang diridhoi.

Muslimah berhijrah artinya meninggalkan nafsu dari dalam dirinya, menjauhkan diri dari ingin diperhatikan dan dikagumi manusia, semakin banyak pengetahuan yang diperoleh oleh seorang muslimah, maka semakin besar ketaatannya dihadapan Rabb-Nya, segala yang dilakukannya semata-mata untuk mencari ridho-Nya.

Ketika ilmu itu sampai, segala ketidaktahuan dijadikan sebuah perenungan, tatkala seorang muslimah benar-benar hijrah di jalan Allah, maka pola pikir dan pola sikapnya akan berubah. Niatan hijrah yang awalnya terbersit dalam hati, tak semudah ketika hendak dilalui, mula-mula dihadang dengan kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi dengan kekangan-kekangan yang mendera pada diri.

Namun sahabat muslimah, tanamkanlah keyakinan bagi diri, karena sesungguhnya muslimah yang berhijrah lebih sederhana dihadapan manusia, dan lebih memperhatikan detil pernik dihadapan Rabbnya, dari yang berpusat pada manusia menjadi berpusat pada Allah, dari ibadah untuk dunia menjadi dunianya untuk beribadah, dari bangga diperhatikan menjadi malu saat dipandang mata, dari menakjubi gemerlap dunia menjadi senang untuk menambah takwa, baginya kerudung bukan pengganti indahnya rambut yang tergerai dan jilbab bukan pengganti lekuk badan yang gemulai, baginya hijab bukan pakaian agar dikagumi untuk dikatakan fashionista dan tidak pula agar jadi lebih cantik, agar bisa dianggap kaum sosialita.

Sahabat Muslimah, Semakin paham seorang Muslimah akan agama ini, semakin sederhana hijabnya, karena iman itu tidak rumit, dan karena taat itu sederhana, berhijablah hanya karena Allah semata, dengan menyederhanakan hijab, sesuai syar’i karenanya engkau tak lagi perlu dikagumi manusia, cukuplah penilaian Allah yang menjadi Tijuana​ utama. Bukan hanya hijab tapi juga menyeimbangkan dengan pola sikapnya..Semangatt hijrah dibulan baru hijriyyah muslimah.[Info Muslimah Jember]

Post a Comment

0 Comments