Sambut Tahun Baru Islam dengan Meningkatkan Keimanan, Ukhuwah, dan Persatuan Umat

RemajaIslamHebat.Com - Iman dalam syariat Islam adalah ikatan yang tertinggi. Ikatan atas dasar iman inilah yang akan menyatukan ikatan lainnya sekaligus menjadikan seorang Muslim bersikap selayaknya Muslim sejati.  Salah satu wujud ikatan iman adalah persaudaraan Islam (ukhuwwah Islamiyah). Semua Mukmin adalah bersaudara dalam Islam. Persaudaraan ini mewajibkan kaum Mukmin mencintai saudara mereka sesama Mukmin.

Demikian yang disampaikan oleh Ustadzah Salma Rufaidah dalam acara Majelis Ta'lim Rindu Syariah pada hari Ahad (17/9) di Masjid Al Hidayah Cileunyi dengan mengangkat tema "Sambut Tahun Baru Islam dengan Meningkatkan Keimanan, Ukhuwah, Dan Persatuan Umat".

Ukhuwah Islamiyah terwujud bukan dalam ucapan saja, melainkan juga dalam bentuk nyata dalam sikap dan perbuatan. Tolong-menolong sesama Muslim adalah wajib hukumnya, dan tidak boleh tersekat oleh ikatan lainnya, misalnya ikatan nasionalisme, karena mereka di dalam agama yang satu yaitu Islam. Inilah wujud keimanan yang tertanam kuat dalam diri seorang Muslim terhadap saudaranya.

Rasulullah saw. bersabda: "Perumpamaan kaum Mukmin dalam hal saling cinta, kasih sayang, dan simpati di antara mereka seperti satu tubuh; jika salah satu organ sakit maka seluruh tubuh demam dan tak bisa tidur" (HR.Muslim dan Ahmad).

Sekarang adalah saatnya kita menunjukkan dan mewujudkan ukhuwah islamiyah itu. Saudara kita di Palestina, Suriah, Yaman, dan sebagian Afrika sedang merasakan penderitaan yang tiada berujung. Begitu pula dengan kaum Muslim Rohingya di Myanmar yang paling mengiris rasa kemanusiaan.

Sudah seharusnya kita sebagai saudara seiman dan seagama menunjukkan rasa simpati dan solidaritas atas apa yang terjadi pada saudara-saudara kita. Kita harus memberikan pertolongan kepada mereka dengan apa yang kita mampu. Allah SWT berfirman, "Jika mereka meminta pertolongan kepada kalian dalam (urusan pembelaan) agama ini, maka kalian wajib memberikan pertolongan" (TQS. al-Anfal : 72).

Pertolongan yang bisa kita berikan untuk saudara kita adalah doa kita untuk mereka jangan sampai terhenti; menggalang bantuan dalam berbagai bentuk; dan melakukan aksi-aksi untuk mendesak para penguasa Muslim agar menggunakan kekuasaan dan kekuatan yang ada untuk menyelamatkan saudara-saudara kita di sana.

Pembelaan dan penyelamatan kaum Muslim yang teraniaya akan sangat efektif dengan menggunakan kekuasaan dan kekuatan negara. Namun sayang, tidak ada satu pun penguasa Muslim yang berani mengambil tindakan tersebut saat ini. Oleh karena itu, tugas kita sebagai seorang Muslim yang beriman dan bertakwa untuk bisa segera mewujudkan kepemimpinan Islam seperti para Khulafaur Rasyidin serta para khalifah setelahnya untuk menjaga kehormatan kaum Muslim serta mewujudkan kemuliaan Islam di bumi milik Allah SWT dengan menerapkan syariat Islam secara kaffah.

WalLahu'alam bi ash-shawab.[Suara Muslimah untuk Dunia]

Post a Comment

0 Comments