Muslimah Majelis Quran Bekasi Gelar Acara Kajian 'Peduli itu Mendunia'

RemajaIslamHebat.Com - Bekasi, Ahad, 24 September 2017 Muslimah Majelis Qur'an Bekasi, menggelar acara kajian rutin bulanan. Kali ini mengangkat tema " Peduli itu Mendunia" dengan pemateri Ustaadzah Ir. Ummu Azkia Fachrina, MA.

Acara dipandu oleh ustaadzah Irta Roshita sebagai host & moderator. Agar mendapat Ridho Allah SWT pembacaan kalam Illahi oleh ustaadzah Nengsih. Quran surah Al Hujuraat : 9-10.

Ayat-ayat Al Qur'an senada apa yang disampaikan oleh pemateri.

Dimana bukan sesuatu yang asing/aneh dimana muslim, dll tidak terlepas dari kepedulian. Dasar apa yang membuatnya peduli, diaplikasikan kepeduliannya, bagaimana Islam mengajarkan kepedulian?

KBBI mencatat arti "peduli" sebagai mengindahkan, menghiraukan dan memperhatikan. Berarti jika seseorang peduli sesuatu, ia akan memperhatikan sesuatu & mulai memikirkannya, ia tdk akan mengambil sikap tak acuh.

Bagaimana jika ada hal  yg menyakitkan terjadi pada saudara kita, anak kita, bapak kita, orang yg dekat dgn kita?
Gambaran lain yg terjadi dinegeri2 kaum muslimin, yang sudah terjadi sangat lama serta terjadi puluhan tahun lamanya.
Dimanakah pertolongan dr negeri-negeri besar muslim dunia?
Mana janji yang disampaikan kepada dunia bahwa akan ada pertolongan, penyelesaian permasalahan ini?
Disini adalah korbannya adalah muslim. Kenapa harus muslim yg mengalaminya.
Ajaran Allah tidak pernah berubah kepada mukmin, dimana hrs mempunyai kepedulian kepada saudara muslim lainnya. Sesama Islam adalah seperti saudara.
Spt dalam firman Nya, *QS. Al-Hujurat, ayat 9, 10*
*QS. Al-Anfal, ayat 72*
Beberapa  negara muslim seperti Turki yang mampu & sangat punya untuk menolong saudara muslim di negeri-negeri teraniaya. Namun apa yg terjadi?

Adanya konferensi yg dilakukan oleh negara2 kuasa kpd negara-negara besar Islam seperti Turki, Arab Saudi dll yg mengikat negara2 Islam di dunia menjadi tak berdaya.
Radikal, teroris adalah kata yg diisukan pd golongan kaum muslimin yang ingin kembali kepada ajaran-ajaran Islam. Muslim dijadikan pengecut dengan keadaan ini, kaum muslim dibuat tak peduli terhadap saudaranya. Melalui media muslim dibuat saling membenci kepada muslim lainnya.

Hampir 14 Abad Islam memimpin dunia, lihatlah. Apakah ada kerusakan yg di timbulkan pd tiap2 wilayah di dunia?..Itu krn ideologi Islam yg dimiliki oleh kaum muslimin. Ideologi inilah yg dirusak oleh kaum yg membenci Islam. Seperti hal dalam hadis:
"Bantulah saudaramu, baik dlm keadaan sedang berbuat zdalim atau sedang teraniaya. Ada yg bertanya:"Wahai Rasulullah, kami akan menolong orang yg teraniaya. Bagaimana menolong orang yg sedang berbuat dzalim?"
Beliau menjawab:"Dengan menghalanginya melakukan kedzalimam. Itulah bentuk bantuanmu kepada nya. Orang yg menunjukkan (sesama) kpd kebaikkan, ia bagaikan mengerjakannya."
(HR MUSLIM)
Allah menyatakan bahwa kita adalah umat yg terbaik yang telah Allah ciptakan, pertanyaan nya..layakkah kita dinyatakan sbg ghoiru ummah sebagai hamba Allah?
Hadist:
Dr Abu Sa'id Al Khudry r.a saya mendengar Rasulullah saw bersabda," Barangsiapa melihat kemunkaran maka ubahlah dengan tangannya, jika tdk mampu ubahlah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu maka ubahlah dengan hatinya, yg demikian selemah lemahnya imam." (HR MUSLIM)

Pertanyaan:

Mba Sholihatun

Tanya: Ada banyak muslim ingin membantu muslim negara lain. Tapi terhalang dgn hukum negara" yg bersangkutan, bagaimana cara mencari solusinya?

Jawab:
Selama pemimpin/penguasa masih ridho dgn hukum yg terikat dgn hukum negara yg berlaku, maka akan sulit menjalankan apa yg Islam ajarkan. Jadi penguasa hrs terlepas dr ridho dgn sistem yg terdahulu dan kembali kpd apa yg benar menurut Islam. Jadi tdk mempunyai ketakutan terhadap embargo negara lain yg berkuasa

Bu Eli

Tanya: Bagaimana cara agar muslim bisa benar-benar peduli (peduli yang istiqomah)?

Jawab:
Istiqomah itu bagai menggenggam bara api, krn peduli adalah bagian dr perintah Allah..maka tetapkan dalam hati kita ingin tetap dlm menjalankan perintah Allah atau diam tidak menjalankan perintah Allah.[Info Muslimah Jember]

Post a Comment

0 Comments