Korban Komunis Di Seluruh Dunia

Oleh : Raidah Athirah

SAYA mengingat topik  ini terkait dengan seorang  brother asal Polandia yang memang tertarik kepada sejarah bertanya kepada saya perihal bagaimana komunisme bisa berada di negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia (red: Indonesia )

Ini pertanyaan yang cukup sulit .Kami kemudian berdiskusi bahwa sejarah Polandia juga tidak bisa lepas dari kisah pilu komunis.Polandia dan Indonesia memang memiliki banyak kesaamaan sejarah ,dijajah dan juga ditindas.Sama-sama merupakan pemeluk mayoritas sebuah agama besar .Polandia dikenal sebagai negara dengan jumlah mayoritas pemeluk Katolik dan Indonesia sendiri adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Salah satu cerpen saya yang saya kirimkan kepada Bilik Sastra juga mengangkat tema kota sejarah Gdańsk yang menceritakan hari bersejarah berakhirnya masa komunis di negeri Sang Paulus ini.

Dunia selalu mengingat korban pembantaian Nazi,tapi dunia juga tak bisa melupakan kekejaman dan pembantaian yang dilakukan rezim komunis di seluruh dunia.Korban dari rezim komunis bukanlah angka kecil.Jumlahnya tak tanggung-tanggung; 100 juta darah manusia tercecer dari paham yang menghalalkan segala cara.

Dalam beberapa sumber literatur dunia terkait politik komunisme setidaknya kurang lebih 75 negara yang mengalami sejarah kelam ,berdarah-darah dan sangat menderita.

Hitler yang terkenal kejam membunuh 30 juta manusia dan itu sudah merupakan kekejaman yang selalu jadi pembicaraan menarik terkait sejarah.

Lantas bagaimana dengan Stalin di Rusia ? Pemimpin tertinggi komunis ini justru membuat rekor baru yakni 40 juta manusia dibunuh dan juga disiksa.Ini belum termasuk angka manusia yang sakit dan kelaparan akibat paham komunis.

Ini juga masih terbilang rekor kecil bila membandingkan dengan korban komunis di Cina di masa Mao Zedong yakni 60 juta .

Polandia,Ukraina,Yugoslavia ,Ghana ,Congo , Azerbaijan ,Cuba dan masih banyak lagi di beberapa negara Asia seperti Vietnam ,Korea Utara  yang bila dijumlahkan maka inilah paham yang menghasilkan korban  paling tinggi dalam sejarah genosida umat manusia.

Saya memang tidak lahir di rezim komunis tapi saya pastikan data yang saya tulis bisa dipertanggung jawabkan.

1.http://www.dailymail.co.uk/home/moslive/article-2091670/Hitler-Stalin-The-murderous

2.https://historyofrussia.org/stalin

3 .http://www.independent.co.uk/arts-entertainment/books/news/maos-great-leap-forward-killed-45-million-in-four-years-2081630.html

4.http://www.communistcrimes.org/en/Database/Poland/Poland-Communist-Era

***

Mengapa komunisme merupakan paham yang menghasilkan genosida terbesar dalam sejarah peradaban?

Hal ini karena ajaran Komunisme  mengajarkan tentang hanya kelas yang kuat yang dapat hidup.Paham komunisme sendiri menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan .Maka tak heran paham ini menghasilkan revolusi  berdarah-darah yang disesuaikan dengan prinsip -prisip komunisme dalam berhadapan dengan musuh atau lawan.

Dasar ideologi ini sendiri lahir dari  dua anak muda revolusioner yakni Karl Marx (30) dan Friedrich Engels (28).Nama Marx yang memang sudah melekat dengan paham ini.

Seperti yang pernah diungkapkan Marx , ”Jika kelas dan ras terlalu lemah, tidak memiliki kesempatan menyesuaikan syarat hidup baru, harus memberi jalan kepada orang lain, jika tidak, mereka pasti akan “dilenyapkan oleh pembunuhan besar revolusi.”

Mengutip dari buku Manifesto Komunis (1848) telah dijelaskan tujuan dari  ideologi ini, "Merebut kekuasaan dengan kekerasan, menggulingkan seluruh kekuatan sosial yang ada."

Tujuan ideologi yang digariskan pada abad 19 masih berlaku sampai   abad 21 ini.

Maka jangan heran paham ini bagai syaitan yang menakutkan.Seperti sebuah teror peradaban .Dan hasilnya memang melahirkan Genosida.

Saya pribadi sudah sangat sering berdiskusi dengan beberapa kawan kampus yang sering disebut anak-anak kiri.Buku-buku Marx sendiri bukan topik baru bagi saya mengingat saya juga terkadang membaca buku-buku ini.

Salah satu yang menarik bagi saya adalah data statistik korban Komunisme .Saya selalu berpikir bahwa Nazi adalah pembantai manusia paling keji dan terbanyak sepanjang sejarah.Ternyata setelah menengok isi buku " The Black Book of Communism "  data korban yang disebut merupakan angka statistik yang paling menakutkan

”, Pada abad ke-20, korban meninggal dalam revolusi komunisme seluruh dunia, hampir mencapai 100 juta orang, diantaranya Soviet sebanyak 20 juta orang, RRT 65 juta orang, Vietnam 1 juta orang, Korea Utara 2 juta orang, Kamboja 2 juta orang, Eropa Timur 1 juta orang, Amerika Latin 150 ribu orang, Afrika 1,7 juta orang, Afganistan 1,5 juta orang, sebanyak 10 ribu orang meninggal dinegara yang tidak dikuasai oleh gerakan komunisme"

Beberapa ilmuwan dan sejarawan juga berpendapat bahwa angka yang tertera diatas lebih rendah dari angka sesungguhnya .Masih banyak lagi korban meninggal yang tidak tercatat .

Banyak ilmuwan berpendapat, angka yang tertera diatas jelas lebih rendah dari angka meninggal sesungguhnya, misalnya di RRT sedikitnya ada 80 juta orang meniggal.

Bila ingin ditulis lebih detail niscaya status Fesbuk ini tidak cukup untuk memaparkan fakta -fakta yang ada.
Jadi,mari gunakan akal sehat untuk berpikir " Siapa sebenarnya Serigala Berbulu Domba ? "

Polandia,20 September 2017

Diolah dari berbagai sumber

Pembelajar Sejarah

Sumber:

Fb: Raidah Athirah

Post a Comment

0 Comments