Cara Membasmi Tungau

RemajaIslamHebat.Com - Serupa dengan kutu, tungau adalah parasit kulit yang bersarang di atas kulit yang kering dan terinfeksi, menyebabkan rasa gatal yang kuat, nyeri, rasa malu, dan dikucilkan secara sosial oleh teman dan keluarga. Skabies, kondisi kulit yang menimbulkan gatal dan memalukan, seringkali secara langsung disebabkan oleh tungau. Tungau lain, seperti tungau debu, dikenal karena alergi yang disebabkannya; beberapa tungau terdapat pada hewan peliharaan dan tungau lainnya akan menyerang kebun dan halaman. Untuk tiap tungau yang Anda hadapi, maka diperlukan cara pembasmian yang berbeda. Zat kimia mungkin akan bermanfaat digunakan di sekitar rumah Anda, namun jika digunakan pada hewan peliharaan atau tanaman akan sangat membahayakan.

Metode 1 dari 2:
Membasmi Tungau Debu

1. Bersihkan debu sering-sering dengan pengisap debu.

Tungau debu, spesies tungau yang paling umum ada di rumah-rumah di Amerika Serikat, mudah dihilangkan dengan pengisap debu. Tungau debu bersembunyi dan menempel pada benda-benda tekstil, sebagian besar di karpet, perabot rumah, dan kadang-kadang pakaian. Pembersihan secara teratur dengan pengisapan debu atau mencuci benda-benda tekstil akan mengatasi masalah ini dan meredakan sakit kepala Anda.

2. Lindungi tempat tidur.

Bagian rumah dengan konsentrasi tungau debu tertinggi tampaknya adalah tempat tidur; Hewan kecil itu terperangkap di alas kasur dan sarung bantal, meninggalkan kotoran ketika pergi. Lindungi tempat tidur dengan melapisi kasur dan bantal dengan pelindung antitungau. Hal ini akan menghalangi tungau dan mencegah menumpuknya kotoran tungau debu.

3. Jagalah agar benda-benda tekstil tetap bersih.

Perlengkapan tempat tidur kemungkinan besar merupakan sarang bagi tungau debu, namun tungau paling sering terdapat pada benda-benda tekstil. Rencanakan untuk mencuci benda-benda tekstil dalam rumah tangga (perlengkapan tempat tidur, sarung bantal, gorden, selimut, dan lain sebagainya) tiap 1-2 minggu sekali. Gunakan air paling panas yang tidak akan merusak kain untuk membasmi tungau debu yang terlihat.

4. Bersihkan debu sering-sering.

Tampaknya rumah Anda terlihat bersih, namun tungau debu cenderung berakumulasi pada debu. Jadi, pastikan rumah Anda sebisa mungkin bebas debu dengan sering-sering mengelap alat-alat tulis. Gunakan alat pembersih debu atau kain lembap untuk menghindari timbulnya kotoran tungau dan alergen. Jika Anda alergi dengan tungau debu, pakailah masker ketika membersihkan debu untuk menghindari terhirupnya penyebab iritasi.

5. Turunkan kelembapan.

Ciptakan lingkungan yang menyulitkan tungau debu untuk berkembang biak. Kutu kecil ini senang dengan lingkungan yang hangat dengan kelembapan tinggi. Gunakan alat dehumidifier (alat untuk menurunkan kelembapan ruangan) untuk menjaga tingkat kelembapan di rumah pada level 50 persen atau di bawahnya. Anda bisa menggunakan pendingin ruangan untuk menjaga rumah tetap sejuk, yaitu alat pencegah tungau debu lainnya.

6. Gantilah tempat-tempat favorit tungau debu.

Jika tungau benar-benar menjadi masalah di rumah Anda dan Anda tidak keberatan untuk mengeluarkan uang, buatlah perubahan dengan menciptakan rumah yang tidak bisa menjadi sarang tungau debu. Gantilah karpet dengan lantai kayu atau ubin, dan singkirkan benda-benda tekstil sebisa mungkin. Gunakan perlengkapan tempat tidur yang terbuat dari bahan sintetis daripada yang berisi bulu dan turunkan gorden-gorden.

7. Singkirkan tungau dengan penyaring.

Singkirkan tungau debu yang sudah Anda bersihkan secara permanen dari rumah menggunakan penyaring di dalam pengisap debu dan lewat ventilasi rumah. Penyaring HEPA (high-efficiency particulate arrestance) akan menjebak tungau dan kotorannya ketika melaluinya, mencegahnya agar tidak masuk kembali ke dalam rumah.[1]

8. Bekukan tungau.

Jika Anda memiliki benda-benda yang tidak bisa dicuci namun penuh dengan tungau atau kotoran tungau, masukkan ke dalam pembeku selama 24 jam. Cara ini akan membasmi tungau sehingga mudah dibersihkan. [2]

9. Gunakan insektisida.

Sebagai langkah terakhir, Anda bisa menggunakan insektisida di dalam rumah untuk membasmi tungau debu. Carilah produk yang memprioritaskan tungau sebagai target utama, atau pekerjakan seseorang untuk membasminya. Ingat, menggunakan semprotan pembasmi kutu akan menimbulkan aroma tak sedap di rumah atau menjadi sumber masalah lainnya.

Sumber:

https://m.facebook.com/IbuBahagia2/photos/a.752472038209418.1073741828.483566051766686/1303386539784629/?type=3

Post a Comment

0 Comments