Beginilah Jika Kekuasaan Diberikan untuk Islam

RemajaIslamHebat.Com - Sahabat Muslimah, taukah Anda siapa tokoh penting dibalik keberhasilah dakwah di Madinah? Salah satunya adalah sahabat Rasulullah, Sa’ad bin Muadz. Beliau adalah pimpinan suku Aus di Madinah yang seketika itu menerima dakwah Islam yang dilakukan oleh Mus’ab bin Umair. Bagaimana dengan rakyatnya? Keyakinannya terhadap kebenaran Islam, membuat beliau menjadikan kepemimpinannya sebagai perantara keislaman hampir seluruh penduduk madinah.

“ Siapa aku bagi kalian, wahai Bani Abdul Asyhal?” Tanya Saad kepada kaumnya.

“ Engkau adalah pemimpin kami, orang yang paling kami ikuti pendapatnya, dan orang yang paling kami percaya” Jawab kaumnya.

“ Tak seorangpun diantara kalian, baik laki-laki maupun perempuan bisa berbicara denganku sebelum kalian beriman kepada Allah dan RasulNya”

Sontak ajakan tersebut membuat seluruh penduduk Bani Asyhal masuk Islam, sebelum petang hari menjelang.

Keyakinan terhadap Islam membuat mantap menyerahkan kekuasaannya kepada Islam dan mendedikasikan perjuangan terbaik untuk Islam. Beliau berada di garda terdepan dalam peperangan. Bahkan menjadi tameng hidup bagi Rasulullah saat perang Uhud berkecamuk.

Usia keislaman dan kehidupan Sa’ad bin Muadz tidak panjang. Sa’adz bin Muadz wafat di Usia ke-31 dikarenakan luka bekas peperangan. Usia beliau memang tidak panjang, tapi dedikasinya untuk Islam membuat beliau sangat tersohor dikalangan penduduk langit. Sabda Rasulullah ketika Sa’ad bin Muadz wafat: “ Arsy bergetar dengan berpulangnya Sa’ad bin Muadz” (HR Bukhori Muslim)

Sahabat Muslimah, beginilah jika penguasa memimpin rakyatnya dan menyerahkan kekuasaan untuk Islam. Ia akan dicintai oleh penduduk langit dan bumi. Karena setiap kepemimpinan akan dimintai pertanggung jawaban “ Setiap kalian adalah pemimpin, dan akan dimitai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya...” (Shahih Bukhari 4789)

Penulis : Nurul Mauludiyah

Post a Comment

0 Comments