Because You're My Friend

RemajaIslamHebat.Com - "De, pinjam uang dong. Tolong ya , transfer aja. Penting ni" suara dari telfon terdengar memelas. Lirih rayuannya menyebut detail satu persatu alasannya meminjam uang. Dan telfonpun di tutup setelah dia menyebut sejumlah nominal.

Aku menarik nafas pelan. Bahkan nomer rekeningnya sudah tersimpan di Hp ku, bukan karena aku ada urusan bisnis dengannya. Tapi karena hampir tiap bulan rengekan meminjam sejumlah uang itu aku dengar. Dan aku selalu tak punya pertahanan untuk bilang tidak.
.
Jangan bertanya ribetnya menagih, jangan bertanya apa aku gak kapok tiap bulan nagih.. semua demi karena dia teman baikku. Janji manis? ah sudah biasa.. di bohongin? sudah biasa.. Kok gak kapok? Karena dia teman ku..
.
Se simpel itu..because you're my friend.
Untung lah, itu sudah menjadi masa lalu.. Alhamdulillah beberapa tahun ini sudah terbebas dari dia, eh dari piutang.. :D :D
.
Teringat bagaimana seorang ustadzah pernah memberi pelajaran, bahwa dalam berdoa bukan nya kita harus memohon untuk terbebas dari hutang namun sekaligus piutang. Karena keduanya adalah perkara yang cukup membuat gonjang ganjing kejiwaan dan merusak kehidupan sosial. Bagaimana tidak, mari kita bahas satu satu.
.
Hutang merupakan hal yang sangat sensitif dalam hubungan dengan sesama lo..karena itu sangat di sarankan berhutang jika hanya dalam keadaan darurat saja dan menggunakan uang hasil berhutang dengan benar. Jika kita memang terpaksa berhutang ada baiknya memupuk terus kesadaran bahwa kita berhutang dan memancang niat yang kokoh dalam hati untuk segera membayar hutang. Ini yang sering kali abai, ngomongnya sih mo minjem tapi gak niat mo balikin. hhmmm..
.
Tau kah teman,, bahwa hutang itu menggelisahkan? membuat tak enak makan dan susah tidur..Stress banget deh rasanya. Itu bagi yang sadar akan hutang nya ya..bagi yang gak, woles aja dan tetep upload foto lagi liburan kesini, makan disono, beli ini dan beli itu.. hehehe. Tapi yakin deh, kehidupan dia aslinya gak bahagia. Dia tertekan jika mengingat hutang-hutangnya. Hal lain yang gak baik dari kebiasaan berhutang itu adalah merusak prilaku..gimana gak merusak prilaku coba, tiap kali di tagih..eh dia berubah jadi galak dan suka bohong..ditagih senin, bilang iya. ditagih selasa, bilang besok, di tagih rabu bilang tunggu dulu..eh, lama-lama ngilang dan semua akses di putus. Dan yang lebih mengeri kan lagi, kata Pak Ustadz nih, kalo gak bayar utang bisa-bisa pahala kita jadi pembayar utang kita loh. Ah ini sih kalo ada pahala nya, klo gak bisa-bisa dosa si pemberi hutang di bebankan ke kita tuh..Naudzubillah. Jadi, kalo ada temen nagih hutang jangan marah, semua karena dia sayang sama kamu..dia gak mau kamu menanggung dosa-dosa nya kelak di akhirat. Iya toh.. :) :)
.
Lalu bagaimana dengan piutang? se mengerikan apa? hehehe. Pituang itu kan ketika kita memberi pinjaman kepada orang lain. jadi ada hak kita di orang (yang berhutang). Piutang ini lebih bikin stress lo teman.. gimana gak, tiap hari rasanya dag dig dug.. apalagi kalo kita punya piutang di teman. Itu ya, mo nagihnya ngalahin mo nge chat ke gebetan.. tulis hapus..tulis hapus.. gak tega mbak bro..tapi di sisi lain ya kok butuh. Apalagi klo ngeliat teman yang berhutang gayanya ampun ampun ngalahin sosialita ibu kota, sedangkan kita merana karena kekurangan duit. Itu yang namanya dada sudah panas membara, apalagi kalo pas di tagih dia nya tar sok tar sok aja..atau malah jadi amnesia dan lupa ma utang-utang nya. Duh gusti..ampun Dj. Yang tadinya kita bisa bersikap lemah lembut, eh jadi galak gegara mo nagih piutang tapi jadi makin ngenes pas yang di tagih lebih galak lagi. Apalagi klo yang di tagih bilang gini "Halah duit segitu aja ribet amat?" hahahaha... ini beneran ya bikin emosi jiwa, kalo emang cuma segitu aja, kenapa lo susah amat bayar nya... tuh kan jadi emosi jiwa. Sabar sabar.. Jangan sampai piutang mempengaruhi perangai kita ya, tetap adem dan kalem. Dan jangan lupa doakan teman yang berhutang ya fren, semoga dia banyak rejeki dan dibukakan hatinya untuk segera membayar piutangnya ke kita.
.
Jadi teman..jangan lupa ya, selipkan diantara doa-doamu untuk terbebas dari hutang piutang. Ingat lo sekali lagi..TERBEBAS DARI HUTANG PIUTANG. karena keduanya tidak baik untuk jiwa raga. Jika pun terpaksa memberi hutang, pastikan orang yang kita beri pinjaman amanah dan kita tahu betul bahwa dia memang membutuhkan bantuan kita untuk kelangsungan hidup nya. Dan jika kita terpaksa berhutang, maka pastikan di niatkan dalam hati untuk bersegera membayar hutang, jangan menunda-nundanya.
.
Jika pun masih terbelit kedua nya kini, banyak-banyak lah berdoa dan memupuk sabar dan ikhlas.. agar ujian kehidupan dalam bentuk hutang piutang bisa segera menemukan jalan keluar terbaiknya. aamiin.

#HappyMonday
#Semogabebasdarihutangpiutang
#WriteChallange

Sumber:

Fb: Desy Febrianti

Post a Comment

0 Comments