TIPS KEAMANAN RUMAH

Oleh : Amalia Sinta

AKHIR-akhir ini saya banyak membaca berita tentang rumah yang kemalingan. Bahkan sobat saya dan beberapa temen FB juga mengalami.

Saya tuliskan tips ini sekedar pengingat untuk kita semua agar lebih waspada ya Mak..

Check it out :

1. Selalu mengunci pintu utama.

Jika ada pagar, kuncilah pagar dengan gembok. Jika tak ada pagar, kuncilah selalu pintu utama, baik siang ataupun malam hari.

Ribet dikit gpp Mak, daripada daripada kan..

Banyak kasus pencurian yang justru terjadi saat pemilik rumah ada di dalamnya, di siang hari. Pelakunya bisa ajah tetangga sekitar. Yang awalnya hanya berniat datang sebentar untuk suatu keperluan, tapi saat masuk ke rumah kita, eh liat hape, dompet atau laptop bergeletakan. Sementara yang punya rumah lagi ketiduran di kamar belakang. Ya udah sikat ajah trus kabuur..

Bisa juga orang asing yang emang sudah beberapa hari mengamati rumah kita. Ngapalin kapan suami kita pergi. Jadi lebih baik pintu slalu dikunci ya Mak..

2. Parkir motor di halaman dalam pagar, bukan di luar pagar.

Bagi yang mobilitasnya tinggi, suka malas memasukkan motor ke halaman rumah. Alasannya karena nanti akan pergi lagi.

Padahal saat itu, ada komplotan yang sedang mengincar untuk membawa kabur motor Anda.

Jadi pilih mana, lebih ribet dikit masukin motor dan kunci pagar, atau kehilangan motor?

3. Pasang bell / bunyi-bunyian di pintu utama.

Buat yang rumahnya tipe open house melulu alias jarang dikunci, (mungkin karena terbiasa banyak tamu atau karena dihuni banyak orang), cara ini bisa membantu.

Gantungkan bell atau apapun yang menimbulkan bunyi nyaring ketika pintu utama dibuka. Jadi kalaupun kita sedang sibuk bulet-buletin nastar di dapur, tetep bisa denger orang buka pintu.

Langsung samperin ya Mak, jangan tunggu nastarnya mateng. Keburu kabur kalo yang dateng tuh maling

4. Jalin hubungan baik dengan tetangga

Kalo bikin kolak, atau apalah yang jumlahnya banyakan, bagilah ke tetangga kanan kiri atau satpam komplek. Mereka jangan cuma kebagian aromanya ajah

Ikutlah kerja bakti, menyapa saat berpapasan, mau menyumbang untuk keperluan lingkungan sekitar.

Para tetangga terdekat inilah yang secara tidak langsung akan ikut menjaga keamanan rumah kita. Kalo liat ada yang mencurigakan, mereka akan bereaksi. Ga cuma diem masa bodo, karena toh ga pernah dipeduliin ama pemilik rumah.

5. Tidak menyimpan banyak uang cash di rumah

Dapet THR 10x gaji Mak?
Bagi dooonk

Btw gak perlu cerita ke semua tetangga kalo duit udah cair ya Mak. Bisa-bisa melemnya ada yang nyatronin rumah kita. Hiiy sereem..

Janganlah simpan semua uang cash itu di rumah. Trus buat perhiasan yang se-box dua-box ituu, simpan di tempat yang gak mudah di tebak ya Mak. Biar putus asa malingnya bongkar-bongkar tapi gak nemu juga.

6. Tidak memberitahu orang lain saat kita akan bepergian.

Mo jalan-jalan seharian Mak?
Atau malah pake nginep?

Sebaiknya gak ngasih tau ke semua tetangga soal rencana kepergian kita. Karena mereka jadi tau kapan rumah kita kosong.

Kalo cerita ke medsos gimana?

Kalo mau aman, cerita dan posting fotonya jangan hari H. Latepost ajah. Supaya gak ketauan kapan rumah kita kosongnya. Kan bisa banget tetangga atau yang berniat jahat itu ada di dalem friendlist kita..

Jangan lupa nyalakan lampu teras dan ruang tamu, taruh beberapa pasang sandal di depan pintu supaya tidak terkesan rumah kosong.

Kalo bisa, tambah gembok di pintu utama. Terutama saat nanti ditinggal lama ketika mudik lebaran. Tambahin THR buat satpam kompleks, biar mereka lebih care jagain rumah kita

Kalo ada duit lebih lagi, bisa pasang teralis dan CCTV. Supaya lebih aman ya Mak..

Ingat-ingat kata Bang Napi :
"Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah waspadalah.."

Mari kita hilangkan kesempatan pencurian itu. Jangan sampai kita sendiri yang secara gak sengaja, "mengundang" maling datang.

Entah lewat postingan pamer, atau lewat obrolan langsung yang penuh gaya setinggi langit. Bikin orang sirik atau terlintas ide buat mencuri

Dan jangan lupa bagi THR nya buat orang tua, mertua, sodara semua ya. Niscaya itu akan menjauhkan diri dari musibah kehilangan yang lebih besar jumlahnya

Menjelang lebaran porsi makan mungkin susah diperketat. Tapi keamanan rumah jangan. Harus ekstra ketat ya Mak. Semoga semua aman terkendali..

Note :
Kalau lagi apes ketemu maling nekat yang bawa senjata tajam atau bahkan pistol, udahlah kasih ajah barang yang dia minta. Nyawa kita lebih berharga..

Sumber:

Fb: Amaliah Sinta

Post a Comment

0 Comments