Solusi Penolakan Sekolah (bagi Orang Tua)

RemajaIslamHebat.Com - Selamat pagi ☕️
Ayah Bunda, pada artikel sebelumnya telah kami bahas alasan mengapa anak mogok sekolah dan apa saja gejalanya maka untuk melengkapinya, sekarang akan kami telaah apa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang menolak untuk sekolah.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1️⃣Pertama-tama, tetap tenang. Hargai apa yang dirasakan oleh anak, pastikan dia tahu bahwa anda tidak takut.
2️⃣Bicarakan dengan anak tentang perasaan dan ketakutannya, agar perasaan takut tersebut dapat berkurang. Bicara tentang apa yang mengganggunya, sementara pada saat yang sama jelaskan bahwa ia akan kembali bersekolah. Perlu diingat, bahwa beberapa anak tidak dapat menggambarkan apa yang mengganggu mereka, jangan memaksakan percakapan jika anak enggan menceritakannya. Pesan yang paling penting untuk disampaikan adalah: Ayah dan Bunda yakin anak dapat mengatasi masalah ini, dan anda senantiasa mendampingi untuk membantunya melewatinya.
3️⃣Lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu, guru dan staf sekolah harus membantu siswa mengidentifikasi dan mengenali pemicu penolakan sekolah.
4️⃣Mendorong lewat hobi dan minat. Kesenangan adalah relaksasi, dan hobi dapat menjadi pengalihan yang baik untuk membangun rasa percaya diri.
5️⃣Tekankan aspek positif untuk pergi ke sekolah: bergaul dengan teman, belajar topik favorit, dan bermain saat istirahat.
6️⃣Tekankan dan berikan penghargaan atas kesuksesannya. Jika anda menjanjikan mainan kepada anak sebagai imbalan menghabiskan satu jam di sekolah, pastikan Ayah Bunda memberinya mainan meskipun dia menjerit pada jam kedua saat itu. Jika dia tidak dapat tinggal selama satu jam, pujilah anak atas usaha dan prestasinya, dan mintalah ia untuk mencoba lagi besok.
7️⃣Jangan membuatnya ‘lebih tergoda’ untuk tinggal di rumah. Biarkan anak tahu bahwa jika dia benar-benar sakit, dia perlu menemui dokter, tetap di tempat tidur dan istirahat, jauhkan TV, dan sebagainya. Terapkan peraturan tentang tidak ada TV atau video game.
8️⃣Simulasikan lingkungan belajar. Jika anak anda akhirnya tinggal di rumah dan tidak sakit, mintalah dia membaca, belajar, duduk tegak di meja, dan sebagainya.
9️⃣Pertimbangkan agar orang lain membawa anak anda ke sekolah sampai situasi teratasi. Karena emosi begitu dibebankan pada saat seperti ini, akan sangat membantu jika anda melepaskan diri dari pekerjaan karena harus memaksa anak untuk bersekolah. Jika ada separation anxiety yang berhubungan dengan ibu, misalnya, mintalah sang ayah mengajak anaknya ke sekolah. Atau mintalah seorang teman atau anggota keluarga lain untuk bertanggung jawab atas masa transisi ini sampai anak tersebut berhasil masuk kembali ke sekolah.

Meski tidak nyaman melihat anak sangat tertekan saat bersekolah, cobalah tenang dan mendukung, namun tetap tegas.

Sumber: Https://www.psychologytoday.com/blog/shyness-is-nice/201309/what-do-when-your-child-wont-go-school
https://adaa.org/living-with-anxiety/children/school-refusal

Sumber:

Fanspage: El-Hana Learning Kit

Post a Comment

0 Comments