MANFAAT AIR SUSU IBU

Oleh: Iranti Mantasari

Assalamualaikum wr wb.
Pembahasan tentang ASI tentulah melekat pada bunda-bunda yang sedang dalam proses atau akan menyusui buah hati. Bunda-bunda yang shalihah juga semestinya memperhatikan hal-hal terkait ASI, melihat bagaimana pentingnya ASI bagi sang buah hati. Islam yang paripurna ini, juga sudah mengatur bagaimana penyusuan anak oleh sang ibu, kita bisa melihat ini pada QS Al Baqarah ayat 233.
ASI mengandung banyak sekali unsur makanan yang dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya, termasuk berbagai vitamin hingga kadar lemak. Kandungan di dalam ASI juga memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga membuat bayi yang langsung menyusu pada bunda tidak rentan terhadap penyakit infeksi. ASI juga sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian sebagai makanan yang sempurna bagi bayi yang zat-zat di dalamnya tidak akan bisa ditemukan dalam susu-susu formula yang beredar di pasaran.
Menyusui bayi bagi bunda juga terbukti bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara, salah satu penyakit yang cukup mengerikan bagi kaum hawa. Penelitian oleh University of North Carolina School of Medicine di tahun 2009 menyatakan bahwa wanita dengan riwayat keluarga kanker pyudara dan menyusui bayinya bisa menurunkan resiko sebesar 59%. Karena, menyusui bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan yang berpotensi mengubah jaringan payudara.
Selain perintah pada QS 2:233 tadi agar bunda menyusui langsung anaknya, pentingnya memberikan ASI untuk bayi juga disebutkan di dalam Alquran bahwa bunda boleh menyusukan anaknya pada orang lain (jika memang tidak mampu). Melalui pemberian langsung ASI ini, bayi tidak hanya mendapatkan asupan gizi yang baik, tapi juga akan merasakan bonding/ikatan yang kuat kepada sang bunda, yang juga akan berdampak baik pada tumbuh kembangnya kelak.
Setiap bunda shalihah dan ideologis sudah sepatutnya memahami terkait penyusuan bayi dengan ASI. Karena, tidak saja untuk mendapatkan kebaikan fisik dan psikis bagi bunda dan bayi, memberikan ASI pada bayi hingga setidaknya berusia 2 tahun adalah bentuk ketaatan bunda pada pencipta kita, Allah swt.[]
Wassalamualaikum wr wb
------------------------------------
Referensi :
Disarikan dari berbagai sumber.

Sumber:

Fanspage: Komunitas Parenting Ideologis

Post a Comment

0 Comments