KETIKA ANANDA MERENGEK INGIN SEKOLAH

Oleh: Yanti Tanjung

APA yang seharusnya bunda lakukan ketika ananda usia 2 tahun atau 3 tahun merengek minta sekolah ? Ananda melihat banyak teman-temannya berangkat sekolah lengkap dengan seragam dan tas barunya, jadinya ia ingin juga sekolah. Bisa jadi bunda memenuhi permintaan ananda dan memilihkan Play group atau sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang saat ini memang sangat digalakkan. Setiap anak dalam kebijakan pendidikan di Indonesia saat ini diharuskan mengikuti program PAUD.

Terkadang ketika kita memilihkan sekolah PAUD/Play Group atau TK seringkali kita dihadapkan pada konsep pendidikan yang tidak jelas dan tidak berbasis aqidah islamiyyah serta tidak bertujuan untuk membentuk kepribadian Islam. Tidak jarang dengan beragamnya karakteristik siswa di sana bukannya menghasilkan buah yang seharusnya dipetik justru meruntuhkan benih-benih kepribadian yang sudah ditanamkan di rumah.

Sekolah dalam kebijakan Khilafah islamiyyah didasarkan kepada umur anak, apakah dia kategori anak-anak (Thiflan) ataukah sudah baligh (Baalighon). Bukan berdasarkan asas materi pelajaran yang disediakan sekolah. Untuk itu jenjang sekolah dalam islam dibagi tiga :

1. Jenjang Pendidikan pertama (SD) mulai dari usia sempurna 6 tahun hingga usia sempurna 10 tahun
2. Jenjang Pendidikan kedua (SMP) usia sempurna 10 tahun hingga sempurna 14 tahun
3. Jenjang Pendidikan ketiga (SMA) usia sempurna 14 tahun hingga berakhir jenjang sekolah

Lantas bagaimana dengan anak usia di bawah 6 tahun sebelum pendidikan dasar / maka hal itu tidak disebut sebagai sekolah, sebab fase ini adalah fase hadhonah (pengasuhan) dan fase Taman Kanak-Kanak (Riyaadhul Athfal). Fase ini tidak dikelola oleh negara, diserahkan kepada mayarakat, bila masyarakat hendak membuat program sendiri silahkan, negara hanya mengatur pendidikan dari sisi materi pelajaran dan keterikatannya dengan politik pendidikan yang ditabanni oleh Khalifah.

Jika demikian haruskah memasukkan ananda ke lembaga tertentu, semisal PAUD ataukah TK? Perlu dipahami ketika ananda usia hadhonah 0-2 tahun sejatinya berada dalam tanggung jawab ibu berikut stimulasi-stimulasi pembangun kepribadian islam ananda dilakukan oleh ibu langsung, begitupun di usia 3 tahun sejatinya lakukan dominasi ibu untuk lebih mencurahkan perhatian dan kasih sayang kepada ananda. Usia 4-6 tahun adalah usia prasekolah dimana ananda sudah bisa belajar disiplin dan berlatih fokus, maka bunda bisa membuatkan kurikulum untuk anak usia dini berikut kegiatan-kegitan belajar yang bisa lebih menstimulus kepribadian Islam ananda.

Pada fase usia prasekolah ini sangat dianjurkan ibu adalah guru langsung bagi anak, jadi memang di bawah pendidikan ibu jauh lebih baik dibandingkan dimasukkan dalam sebuah lembaga PAUD atau RA, namun dengan program yang terukur dan terarah. Alasannya karena ibulah bersama ayah yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan anak usia dini dalam tumbuh kembang, baik kebutuhan fisik, akal maupun naluriyah.

Kalau tohpun bunda mau memasukkan ananda di PAUD atau RA maka pastikan pendidikannya berbasis aqidah islamiyyah, programnya jelas sesuai tumbuh kemabng anak dan guru-gurunya berkepribadian islam. Dengan begitu ananda tetap terjaga bahkan bisa melejit karena ada sinergi guru dan bunda. Namun bila itu tidak ada silahkan bunda membuat sekolah rumahan sendiri dimana bunda dan anak akan lebih merasakan betapa bentukan dasar-dasar kepribadian Islam pada anak adalah tanggung jawab yang agung dimana tidak hanya ananda yang berproses, kitapun ikut larut dalam lejitan kepribadian islam.

Wallahu a'lam bishshawab

Post a Comment

0 Comments