KEANGGUNAN DI BALIK KEHEBATAN AL QARAWIYYIN

RemajaIslamHebat.Com - Tahukah sahabat, tentang AL QARAWIYYIN (al Karaouine)? Nama yang mungkin asing di telinga kita, tapi terkemuka di tataran dunia. Khususnya sejarah pendidikan dunia. Hmm, sepertinya kita butuh banyak menambah info ya.

Guiness Book of Record, UNESCO, dan beberapa sejarawan dunia menobatkan al Qarawiyyin sebagai institusi skala pendidikan tinggi (baca: universitas) yang memberikan gelar akademik tertua dan masih beroperasi di dunia.

Al Qarawiyyin yang asalnya hanya masjid ini, melahirkan banyak lulusan berpengaruh di dunia. Lebih hebatnya lagi, penggagas dan pendiri Universitas al Qarawiyyin adalah MUSLIMAH. Inilah salah satu inspirasi teladan kita!

Fathimah al Fihri binti Muhammad al Fihri, itulah keanggunan di balik Universitas tertua di dunia ini. Ayah Fathimah adalah pengusaha sukses dari kota Tunisia yang bermigrasi ke kota Fes, Maroko. Bersama Maryam saudarinya, Ummu al Banin (Fathimah) tumbuh sebagai muslimah cerdas, kokoh iman, dan berjiwa sosial tinggi.

Pada tahun 859, Fathimah mendirikan masjid al Qarawiyyin dari harta warisan ayahnya. Berawal dari komunitas studi, al Qarawiyyin berkembang sebagai pusat studi keagamaan dan ilmu pengetahuan yang utama di Mediterania pada masa itu.

Beberapa sumber menyebutkan, Fathimah turut serta mengontrol dan mengarahkan pembangunan masjid al Qarawiyyin. Mulai dari pemilihan lokasi strategis, hingga arsitektur bangunannya. Di sisi lain, Fathimah juga tercatat seorang muslimah yang rutin melakukan puasa sunnah. Tak dapat dipungkiri, cemerlangnya iman dan kecerdasan akal akan membangun kehebatan seorang hamba.

Universitas al Qarawiyyin menjadi bukti sejarah, islam berhasil menggabungkan kekuatan ruhiyah (spiritual) dengan pendidikan. Islam yang diterapkan sempurna tidak terpisah dari kehidupan dan ilmu pengetahuan. Bahkan tidak hanya ilmuwan muslim sebagai lulusannya, tapi juga pemuka Yahudi. Allah yang menjamin, Islam memang rahmatan lil alamin. Semoga kita adalah salah satu muslimah abad ini yang akan mencatat sejarah! Takbir. (LintangZa-diolah dari berbagai sumber).

Post a Comment

0 Comments