Inspirasi Atlet Taat Syariat

RemajaIslamHebat.Com - Ajang SEA GAMES XXIX di Kuala Lumpur, Malaysia, tak pelak menyedot perhatian warga Indonesia. Pasalnya, seorang atlet muslimah berhijab dari Indonesia, Sri Ranti, menjadi atlet pertama yang menyumbang emas pada perhelatan olahraga se-Asia Tenggara tersebut (16/08). Sri Ranti berasal dari cabang panahan. Ia meraih emas dari nomor individual compund wanita setelah menaklukkan pemanah Vietnam, Chau Kieu Oanh dengan skor 144-142.
.
Yang tak kalah viral, yakni atlet dari cabang bulutangkis, Mohammad Ahsan, yang tengah mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 di Skotlandia. Dalam pertandingan tersebut, Ahsan, nama panggilannya, menutup aurat, minum sambil duduk/jongkok, dan tidak bersalaman dengan petugas wanita (non-mahram) pemberi shuttlecock. Tak hanya itu, pasangan Ahsan dalam tim ganda putra, Rian Agung Saputro, juga berkostum menutup aurat.
.
Yang menarik, masih dalam pertandingan yang sama, Ahsan/Rian secara mengejutkan berhasil menumbangkan ganda putra nomor satu dunia dari China, Li Junhui/Liu Yuchen, di babak kedua (23/08). Selanjutnya di babak ketiga (24/08), Ahsan/Rian kembali mengalahkan lawannya pasangan Denmark, Mathias Christiansen/David Daugaard. Hingga keduanya masuk ke babak perempat final.
.
Di balik fenomenalnya kisah Sri Ranti maupun Ahsan/Rian, terdapat sepercik inspirasi. Dunia atlet yang kerap dekat dengan kebebasan berekspresi termasuk kebebasan berkostum, kini mendapat guyuran kesejukan ketika menyaksikan sang atlet menutup aurat. Ditambah sikap Ahsan yang minum sambil duduk/jongkok, dan tidak bersalaman dengan petugas wanita, tentu menambah motivasi. Artinya, taat syariat itu pasti mendatangkan berkah dan manfaat. Firman Allah SWT:
.
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
.
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl [16]: 97).
.
Terlebih di tengah segala krisis multidimensi, juga berbagai gejolak sosial-moral berikut kemelut impor di dalam negeri, menyaksikan orang-orang yang berani beda demi taat syariat itu sungguh luar biasa. Tak hanya menyejukkan akal dan hati, tapi juga membuat diri tergerak untuk turut taat syariat seperti mereka yang sudah lebih dulu taat. Iya apa iya?
.
Karena itu, hendaklah kisah ketiga atlet tersebut mengaktivasi kita untuk semakin melaju mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan ragu meski kesilapan segunung, dosa selangit. Teruslah memupuk ketaatan serta menyuburkan dakwah, demi mengajak taat. Hadits Rasulullah ﷺ:
.
عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : (( قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَـى : يَا ابْنَ آدَمَ ، إنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيْكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ، ثُمَّ اسْتَغفَرْتَنِيْ ، غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَآدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ، ثُمَّ لَقِيتَنيْ لَا تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًا ، لَأَتَيْتُكَبِقُرَابهَا مَغْفِرَةً )).
.
Dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hai anak Adam! Sesungguhnya selama engkau berdoa dan berharap hanya kepada-Ku, niscaya Aku mengampuni dosa-dosa yang telah engkau lakukan dan Aku tidak peduli (kecil dan besarnya dosa). Wahai anak Adam! Seandainya dosa-dosamu setinggi langit, kemudian engkau minta ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam! Jika engkau datang kepadaku dengan membawa dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan memberikan ampunan sepenuh bumi.” (HR. at-Tirmidzi, dan beliau berkata: Hadits ini hasan shahih).
.
والله أعلم بالصواب
.

~ Ummu Yazid ~
Relawan Opini dan Media
(nindira.a@gmail.com)

Sumber:

Fb: Nindira Aryudhani

Post a Comment

0 Comments