Hati-Hati, Perhatikan Rute Jalan Keseharianmu!

RemajaIslamHebat.Com - Menonton serial mata najwa yang terakhir, saat Novel Baswedan memberikan secarik kertas " Rahasia " kepada Najwa. Di dalam kertas itu terdapan nama-nama beberapa anggota KPK, bahkan sangat detail dari aktivitas kesehariannya,alamat rumahnya,  rute jalan pulang-perginya, kendaraan apa yang dipakai, dsb. Untuk apa Novel membocorkan kertas " Top Secret " ini ke Najwa ? Ada indikasi nama-nama itu akan di " Novel " kan, maksudnya bisa jadi akan mengalami nasib yang sama dengan Novel.
-
Tapi tulisan sederhana ini mau melihat fragment di atas dari sisi kaca mata yang agak berbeda. Maksudnya ?
-
Dalam sebuah ceramahnya di Kampus Fisip Unri, Riau, Da'i kondang sekaligus dosen Ilmu Hadist Universitas Syarif Kasim, Ustad Abdul Somad Lc, menjelaskan rute keseharian beliau, dari Rumah-Kampus ( tempat bekerja mengajar )-Majelis Ta'lim ( beliau memang sering diundang ngisi diberbagai tempat )-kembali ke rumah lagi-Kampus lagi-Majelis Ta'lim lagi-Rumah- dan seterusnya. Nah beliau memperkirakan AJAL menjemput disekitar rute keseharian itu. Ya itulah sedikit gambaran rute seorang Da'i yang Dosen.
-
Tadi malam saya melihat pembicaraan Purnawirawan Mayjend Ampi Tanudjaya di acara ILC. Salah satu fragment yg beliau sampaikan adalah bahwa beliau ini pensiunan tentara, rute kesehariannya adalah ahli masjid, Rumah-Masjid-Rumah-Masjid-Rumah-Masjid, dan diumurnya yang sudah 72 tahunan diantara rute ini adalah menunggu MATI. Ya, itulah sedikit gambaran rute seorang Pensiunan.
-
Sahabat.., Bagaimana dengan rute keseharian kita ? Semua kita semoga saat AJAL datang menjemput dimatikan dalam kondisi menempuh rute dalam ketaatan. Bisa jadi masing-masing kita punya beragam profesi, beragam aktivitas,dan adalah sesuatu yang bisa kita pilih adalah kita memilih berprofesi sebagai apa, dan beraktivitas sebagai apa. Ya itu pilihan hidup masing-masing. Yang jelas, yang perlu kita jadikan pegangan bagi seorang individu muslim adalah KETERIKATAN pada Hukum Syara' saat menjalani beragam aktivitas kehidupan tersebut.
-
Bukankah kita dalam doa-doa kita meminta kepada Allah SWT untuk dimatikan dalam keadaan Khusnul Khatimah ? Maka untuk selalu berusahalah menjaga Keterikatan kita dengan Syara', sebagai bentuk konsekuensi akan mengimani Akidah Islam. Selalulah untuk melakukan muhasabah rute tentang jalan keseharian kita, sebelum Muhasabah di Yaumil hisab kelak.

Tulisan lain di fb Pristian Surono Putro :

KASUBA
-
KomunitAs SUka BAca, disingkat KASUBA. Kata temen singkatannya terlalu memaksakan, hehe, menurutnya yang pas itu KOSUBA, tapi aku kekeuh pakai nama nama KASUBA aja. Ini apaan ? Ini adalah Balon alias Bakal Calon komunitas yang akan meramaikan dan menghangatkan dunia komunitas di kota dingin, Wonosobo. Ya, inilah KASUBA, KomunitAs SUka BAca. Trus kegiatannya ngapain ?
-
Kegiatannya ya.....MEMBACA ! Nah cuman bacanya ramai-ramai, asyik kan ? Kebayang kan asyiknya jika kita pernah baca suatu buku yang menurut kita menarik, kemudian kita ceritakan ke sahabat kita yg juga suka Baca, nambah ilmu, nambah wawasan, dan nambah teman. Hal ini bisa kita lakukan di kegiatan TELAAH BUKU. Kok terdengar berat banget ya TELAAH BUKU, sederhananya telaah buku itu maksudnya CERITA BUKU.
-

Nantikan seru dan asyiknya !

Sumber:

Hati-Hati, Perhatikan Rute Jalan Keseharianmu!

KASUBA

Post a Comment

0 Comments