DOA DISERTAI..

RemajaIslamHebat.Com - Merinding baca berita tentang pembakaran seseorang yang dianggap maling di Bekasi beberapa hari yang lalu.  Berpikir apa yang menyebabkan banyak orang menjadi beringas, seperti kehilangan akal sehat dalam menangani suatu masalah. 

Lihat saja kejadian lainnya.  Seperti tawuran suporter bola Indonesia yang juga menelan jiwa.  Banyak orang yang gampang dipantik dengan suatu masalah sepele, namun menyalurkan emosinya dengan sesuatu yang bukan main-main...NYAWA!!!

Sepertinya kehidupan saat ini benar-benar memberi tekanan yang sangat besar.   Masyarakat kebanyakan selama ini merasakan biaya hidup yang semakin melangit, lapangan pekerjaan yang semakin sempit, beban pajak bahkan iuran BPJS  yang memaksa harus dipenuhi.

Hal-hal yang menekan dari sisi ekonomi ini, sepertinya menjadi pemicu pada kriminalitas yang meningkat.  Dan tentu saja ini memunculkan rasa ketidakamanan di tengah-tengah masyarakat.  Ini rupanya menjadi hal yang tak dapat dipungkiri menjadikan masyarakat kita masyarakat sakit.  Yang tak boleh sedikit saja dipicu masalah, maka nyawa menjadi seolah tak berharga.

Menghadapi tekanan hidup seperti ini, ada sebagian orang yang memberikan solusi dengan memperbanyak berdoa, memohon pada Allah agar dicukupkan rizki dan tetap terjaga dalam kondisi seperti ini.  Salahkah jika anjurannya berdoa? tentu saja tidak. Hanya saja, jika kita cermati Qs. 2:186 Allah SWT berfirman, 

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran"

Ada beberapa hal yang dikabarkan dalam ayat di atas,
1. Allah itu dekat, dan mengabulkan  doa jika kita memohon
2. Tuntutan Allah pada kita yang berdoa adalah memenuhi segala perintah Allah
3. Beriman pada Allah.
4.  Jika itu dilakukan maka akan selalu ada dalam kebenaran.

Dari ayat di atas jelas, bahwa doa bukanlah satu-satunya aktifitas yang dapat mengakibatkan Allah mengabulkan permohonan.  Namun ada tuntutan lain, yaitu agar kita sebagai hambaNya menjalankan semua perintahNya dan beriman sehingga menghantarkan di jalan kebenaran.

Masya Allah...
Sebenarnya tuntunannya jelas.  Doa saja tanpa menjalankan apa yang diperintahkan Allah tentu saja tidak membawa kita pada solusi.  Solusinya adalah doa yang disertai dengan menjalankan semua yang diperintahkan Allah dan menjauhi semua larangannya.  Dan penerapan sempurna hanya ada saat kita menerapkan Islam secara kaffah dalam bingkai khilafah. 

Semoga semua masalah umat yang dihadapi saat ini, bisa membuat umat terbuka kesadarannya, bahwa aturan yang dijalankan selama ini adalah aturan yang tidak membawa pada keridhoan Allah dalam mengabulkan doa-doa kita.

Dan semoga kesadaran ini membawa semangat umat untuk turut serta dalam memperjuangkan penerapan Islam kaffah dalam bingkai khilafah.

Semoga...

Sumber:

Fb: Teh Iya

Post a Comment

0 Comments