AL AQSHA Menanti AL AQSHA (1)

@salimafillah

Sebelumnya, masjid tertua kedua di bumi, kiblat pertama, titik mi'raj Rasulillah ﷺ serta pesujudan beliau ﷺ mengimami Para Anbiya', & tempat suci ketiga ummat Islam ini lazim disebut Baitul Maqdis. Demikian pula ia disebut dalam berbagai hadits syarif. Dengan turunnya Surat Al Isra' di Makkah, Allah mengenalkan nama agung; Masjid Al Aqsha.

Dalam nama ini terkandung bisyarah.

Kalau ada yang "aqsha", yang artinya "ab'ad", yakni lebih jauh, berarti ada Masjid yang "qashy", yang "ba'id", yaitu yang jauh. Jadi ayat pertama surat Al Israa' membawakan kabar gembira bahwa akan dianugerahkan pada Rasulullah ﷺ Masjid yang jauh dan yang lebih jauh. Ya, ayat ini turun 2 tahun sebelum hijrah. Dan ia memberi tahu bahwa nantinya, selain Masjidil Haram, akan ada 2 Masjid Suci lagi sebagai tempat ziarah untuk menghubungkan hati pada kehambaan sejati. Ada yang qashy, yakni Masjid Nabawi. Dan ada yang aqsha, yakni Masjid Baitul Maqdis.

Ketiganya tak boleh dipisahkan dalam hati kita.

Maka ia aqsha, sebagian mufassir juga memaknainya uqshiya minal ashnam; ia dijauhkan dari berhala. Di antara 25 Nabi dan Rasul yang disebut namanya dalam Al Quran, hampir 80% terutus bersinggungan dengan Masjidil Aqsha.

Kenapa judul anggitan ini "Al Aqsha Menanti Al Aqsha"? Sebab ada 2 ayat lagi yang menyebut kata "aqsha" dalam Al Quran, dan keduanya bicara tentang orang dari tempat jauh yang bersusah payah memberikan sumbangsih perjuangan hingga gugur syahid atau dikaruniai kedudukan sebagai orang yang tulus.

Insyaallah kita simak di uraian selanjutnya; sebab sejak dulu memang para pembebas Al Aqsha ternyata didatangkan dari jauh, dengan perjalanan tak mudah, dengan perjuangan yang berpayah & berlelah.
________________
Aksi Bela Al Aqsha pagi tadi di Nol Kilometer Yogyakarta Berhati Aqsha. Kami yang #mncrgknskl dipaksa berbagi hasil daurah di Istanbul sepekan ini.
��: Yudha Yuliardi

Post a Comment

0 Comments