Rangkuman: Regnum Plantae

Kak Hardi's Blog | Rangkuman: Regnum Plantae
• Regnum plantae meliputi berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai ciri selnya eukariotik, multiseluler, selnya berdinding dari selulosa, dan mempunyai klorofil sehingga bersifat fotoautotrof.

• Tumbuhan dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan ada tidaknya jaringan pembuluh yaitu Atracheophyta dan Tracheophyta. Atracheophyta meliputi berbagai jenis lumut, sedangkan Tracheophyta meliputi berbagai jenis paku dan tumbuhan berbiji (spermatophyta).

• Tumbuhan lumut umumnya berukuran kecil, tidak menghasilkan bunga atau biji, akar berupa rizoid, tidak mempunyai sistem pembuluh, mengalami pergiliran keturunan antara fase gametofit dan sporofit. Fase gametofit dominan dan fase sporofit berumur pendek, tergantung pada gametofit, dan menghasilkan spora sebagai alat perkembangbiakan. Tumbuhan lumut meliputi tiga divisi, yaitu Hepatophyta, Bryophyta dan Antocerophyta.

• Tumbuhan paku bentuk dan ukurannya bervariasi, tidak menghasilkan bunga maupun biji, dan telah mempunyai sistem pembuluh. Paku mengalami pergiliran antara fase gametofit dan sporatif. Fase gametofit hidup bebas dan fase sporofit membentuk spora pada daun sehingga terdapat dua jenis daun yaitu tropofil dan sporofil. Meliputi empat divisi yaitu Psilodophyta, Lycopophyta, Equisetophyta, dan Pteridophyta.

• Tumbuhan berbiji mempunyai sistem pembuluh yang jelas dan menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan. Berdasarkan letak bakal bijinya tumbuhan berbiji dibedakan menjadi dua yaitu tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tetutup.

• Tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) bakal bijinya tidak dilindungi oleh daun buah, maliputi empat divisi yaitu Pinophyta, Cycadophyta, Ginkgophyta, Gnetophyta.

• Tumbuhan biji tetutup (Angiospermae) bakal bijinya terletak di dalam daun buah, meliputi dua divisi yaitu Liliopsida dan Magnoliopsida. Liliopsida meliputi berbagai tumbuhan monokotil sedangkan Magnoliopsida meliputi berbagai tumbuhan dikotil.

Post a Comment

0 Comments