Sunday, August 5, 2018

Resensi Buku Umar Sang Khalifah


Judul: Umar Sang Khalifah

Penulis: Anwar Abdullah

Penerbit: Pustaka Iltizam 

Tahun Terbit: Oktober 2015 cet. 1

Tebal: 172 hlm

Peresensi: Minah 


Setiap manusia pasti  membutuhkan sebuah figur untuk dijadikan kisah  yang mampu menggugah semangat dalam mengarungi kehidupan. 


Seiring berjalannya  waktu, sejarah mencatat akan perjalanan  orang-orang yang sholeh dalam mengarungi  kehidupan. Terutama kehidupan  para  khulafa'ur Rasyidin yang menjadi cermin akhlak  dan moralitas  yang langsung  bersumber dari Rasulullah.


Dalam buku ini menceritakan tentang Umar bin Khattab. Umar bin khattab adalah kholifah ke 2 dari Khulafa'ur rasyidin setelah   Rasulullah  wafat. Dia adalah seorang pemimpin  yang tegas, pemberani dan bijaksana. Dia menjadi khalifah selama 10 tahun. Karena ketegasan  tersebut, tidak muncul pemberontakan dan fitnah  diantara  umat Islam. Dan setelah masa kekhalifahan  umar, muncullah Berbagai  fitnah dikalangan  umat Islam. Inilah kebenaran sabda Rasulullah yang menyatakan  bahwa tidak akan timbul fitnah dikalangan umat  Islam. Sehingga umar bin khattab  wafat.


Buku ini merupakan  kumpulan  kisah kehidupan  dan kepemimpinan  yang dijalankan oleh sang khalifah. Didalamnya kita akan menemukan keberanian, ketegasan,  kebijaksanaan dan juga kelembutan  dalam diri sang khalifah. Ternyata dalam memimpin  umat tidak hanya dibutuhkan ketegasan dan keberanian dalam mengambil keputusan. Tapi, diperlukan  juga kebijaksanaan  dan kelembutan. Dan banyak kisah-kisah menakjubkan  yang menggugah semangat serta pelajaran yang berharga setelah  membaca kisah yang ada didalam buku ini.


#ResensiAgustus


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!