Friday, August 3, 2018

Mendudukan Ide Islam Nusantara


Oleh : Nisrina hayati 

( muballighoh, praktisi pendidikan)


 

 Seorang ulama besar Imam Syafi'i pernah berkata ; "Nanti diakhir zaman akan banyak ulama yang membingungkan umat,sehingga umat bingung memilih mana ulama Warosatul Anbiya dan mana ulama yang menyesatkan ".


Nampaknya pernyataan beliau tersebut benar -benar terbukti saat ini.Dan karena memang saat ini umat manusia sedang berada diakhir zaman. Munculnya ulama yang membingungkan umat saat ini terbukti dengan munculnya berbagai pernyataan mereka yang menuai kontroversi di tengah-tengah umat.Dimana saat ini sedang ramai dibicarakan tentang  gagasan atau wacana Islam Nusantara.Dari istilahnya saja sudah membuat kita bingung. Sebenarnya ada apa dengan Islam Nusantara ini ?kenapa mesti ada label Nusantara dibelakang kata Islam ? seakan-akan ada lagi Islam lain  yang berbeda dengan Islam yang selama ini ada yaitu yang dibawa oleh baginda Rasullulllah SAW yang kebetulan beliau adalah orang arab.Jadi seakan-akan wacana Islam Nusantara ini ingin menegaskan bahwa ada Islam Nusantara yang berbeda dengan Islam Arab.



Meminjam pernyataan ustadz felix bahwa " Sebenarnya kita juga tidak  menafikkan, Islam pun punya ekspresi Nusantara, yang tak ditemukan di tempat lain seperti songkok, halal bi halal, lebaran anak yatim,malam takbiran atau ekspresi lainnya


Tapi ide "Islam Nusantara" bukan ekspresi Islam di Nusantara, ide ini ditujukan justru untuk menajamkan perbedaan. Seolah punya definisi sendiri yang berbeda dengan yang lain. Lebih bagus dan lebih baik dr Islam.


Lebih parah lagi, Islam Nusantara ini dijadikan alat untuk menjelek-jelekkan yang mereka tuduh sebagai Islam Arab yang dianggap tak ramah,penuh peperangan dan intoleransi."


Bahkan lebih dari itu ,sebenarnya ada beberapa hal yang mesti diwaspadai dari gagasan Islam Nusantara (IsNus) IM ,diantaranya adalah : 

1. Dapat  Menimbulkan kekacauan dan ketidakjelasan aqidah. Karena dengan  IsNus ini membuat orang ramai-ramai menafsirkan sendiri wahyu yang dibawa oleh Rasulullah SAW dan pada akhirnya akan terjadi penyesuaian Agama  Islam agar cocok dengan budaya masing-masing.Bukan tidak mungkin nanti yang muncul tidak hanya gagasan mengIndonesiakan  Islam ,tapi juga seruan men-jawakan Islam,me-minangkan Islam.Dan contoh riil nya saat ini yang terbaru adalah  sudah  diterbitkannya Al-quran Nusantara.sebagai bentuk pengejawantahan Islam Nusantara.Pemahaman seperti ini jelas sangat  berbahaya.Karena Islam itu dari Allah SWT untuk mengatur manusia seluruhnya tanpa terkecuali ,mau di arab ,mau  di Eropa termasuk di Indonesia ,semuanya wajib tunduk patuh terhadap Islam yang turunkan Allah SWT kepada baginda Rasulullah SAW.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!