Wednesday, August 1, 2018

Kiki Challenge, Unfaedah!


Oleh: Nirmawatii S. (Member Akademi Menulis Kreatif)


Bismillah...

Abad 21 ditandai dengan era modernisasi. Modernisasi merupakan proses menuju kemodrenan, sebagai tolok ukurnya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka modernisasi cenderung meninggalkan nilai-nilai lama (tradisional) dan diganti dengan nilai-nilai baru (modern).


Sekarang ini, kemajuan teknologi dan pengaruh dalam kehidupan remaja adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari. Dapat dilihat betapa kemajuan teknologi yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir remaja seakan menirukan gaya hidup orang-orang barat yang sangat jauh dari kehidupan Islami


Belum kering trend aplikasi Tik-Tok yang menuai berbagai macam pengaruh dikalangan remaja, viral kembali 'In My Feelings Challenge' atau disebut juga dengan 'Kiki Challenge' yang beberapa pekan terakhir sedang banyak digandrungi oleh remaja dan kalangan artis.


Kiki Challenge, aksi melakukan tarian sambil keluar dari mobil dan membiarkan pintunya terbuka dan terus menari sambil lipsing disamping mobil yang terus berjalan secara perlahan.


Apa manfaatnya? Sama halnya dengan Tik-Tok, jawabannya; demi eksistensi dan popularitas. Menjadi pusat perhatian dan trendsetter. -Katanya- masa remaja adalah masa "Bebas Berekspresi"


Masa remaja memang adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa, masa pencarian jati diri, masa dimana Si remaja ingin menunjukan rasa ingin dikenal, ingin diakui sehigga wajar jika berbagai cara ditempuh demi eksistensi tadi.


Namun itu semua tidaklah ada manfaatnya. Sebagai seorang Muslim, Islam haruslah dijadikan sebagai pedoman atas tutur dan lakunya. Allah berfirman;

"Dan bagi tiap-tiap Ummat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Q.S Al- Baqarah: 148).


Memanfaatkan masa remaja dengan memperdalam ilmu agama menjadi solusi, berlomba-lomba dalam kebaikan, mengkaji Islam biar ngerti. Agar tidak ada lagi yang menyia-nyiakan masa remajanya dengan ikut-ikutan yang tidak bermanfaat.

---

Sebagai generasi Islam cerdaslah dalam memanfaatkan teknologi, gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan menjadikannya sarana untuk mengumpulkan amal Sholih karena setiap aktivitas kita akan diminta pertanggungjawaban kelak.


Wallahu a'lam


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!