Wednesday, August 1, 2018

Khilafah Ajaran Islam



Oleh : Hardi Jofandu

(Founder dan Humas Komunitas Remaja Islam Hebat)


Islam adalah agama yang sempurna. Tak hanya mengatur ibadah ritual, tapi juga mengatur di segala lini kehidupan, termasuk masalah pemerintahan.


Dalam masalah kepemimpinan, Islam tidak hanya fokus kepada siapa figur pemimpin yang memimpin. Islam juga selain membahas masalah pemimpinnya juga membahas masalah kepemimpinan, tepatnya tentang sistem apa yang diterapkan. Ini menunjukkan bahwa selain pemimpin yang amanah, tak kalah penting juga adalah sistem yang amanah.


Dalam Islam, sistem pemerintahan yang dikenal adalah Khilafah. Itulah yang diterapkan para sahabat nabi pasca nabi wafat. Makanya para sahabat seperti Umar Bin Khattab, Abu Bakar Ash Siddiq dan Ali digelari Khalifah, atau Amirul Mukminin. Ini menegaskan bahwa Khilafah sepenuhnya adalah ajaran Islam. Tak boleh dimonsterisasi, apalagi dikriminalkan.



Maka temen-temen sekalian, selain memilih pemimpin yang amanah. Jangan lupa sistemnya juga harus amanah. Harus menerapkan aturan Allah secara komprehensif (baca: sempurna), tanpa memilah-milahnya. Siap tahun 2019 nanti ganti resim ganti sistem?




SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!