Thursday, August 2, 2018

Keutamaan  Sholat Dhuha


Oleh: Minah, S.Pd.I

(Penulis Motivasi)


Dari Abu Dzar al-Ghifari bahwa Rasulullah : “ Setiap persendian berhak dikeluarkan sedekah untuknya, setiap bacaan tasbih merupakan sedekah, setiap bacaan tauhid merupakan sedekah, setiap bacaan tahlil merupakan sedekah, setiap bacaan takbir merupakan sedekah, amar ma’ruf nahi mungkar merupakan sedekah, dan itupun cukup kamu lakukan dengan shalat Dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim dan abu Daud).


Setiap anggota tubuh kita telah diberikan nikmat oleh Allah. Kita harus mensyukuri semua nikmat yang tiada dapat dihitung itu. Salah satu tanda syukur itu ialah dengan melakukan sedekah. Bagaimanakah bentuk sedekah itu? Yaitu dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat. Itu sudah cukup bagimu menyedekahi setiap semua anggota tubuhnya.


Sungguh banyak berkah yang dapat diambil dari waktu dhuha itu, kebaikan untuk dirinya sendiri. Sedekah untuk tiap ruas persendiannya. Apabila ia bersyukur, akan ditambahkan nikmat atas dirinya.


Islam itu mudah dan praktis dalam mengerjakan perintah-perintah Allah SWT. Namun meskipun mudah banyak manusia enggan mengamalkannya. Semua berpangkal dari kesadaran diri sebagai hamba Allah, yang diciptakan hanya untuk menyembah dan beribadah kepada Allah. Ketika kesadaran diri sebagai makhluk hilang, maka  orientasi hidup untuk beribadah juga hilang.


 Hidup manusia hari ini lebih banyak dan lebih mementingkan dunia sementara dan semua itu akan ditinggalkan dan akan binasa. Hanya amal sholeh yang dapat menjadi teman dan penolong dialam kubur. Hanya kebajikan yang ikhlas lagi benar pengamalannya yang menjadi penyelamat dihari berbangkit. Dimana pada hari itu semua manusia menyesal dan ingin kembali kedunia untuk banyak beramal sholeh.


Oleh karena itu, Yuk tingkatkan amal sholeh kita sebagai hamba Allah, agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Memperbanyak beramal sholeh. salah satunya adalah sholat sunnah dhuha meskipun hanya 2 rakaat. Yang terpenting ikhlas hanya mengharapkan ridho Allah swt dan caranya pun benar.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!