Monday, August 6, 2018

Adab Memuliakan Masjid


Oleh: Nabila, 

Siswa SMA  Khoiru Ummah, Bogor


Beramal tanpa berilmu itu salah,  karena orang tersebut tidak mengetahui apa tujuan dari terlaksanakannya amal tersebut. seharusnya,  beramallah ketika tahu ilmunya,  karena buat apa kalau ilmu telah didapat tapi tidak diamalkan? yang ada, ilmu tersebut tak bermanfaat,  dan sadar tak sadar,  ilmu akan hilang karena tak di manfaatkan.


Semua amal perbuatan,  pasti dilandasi dengan adabnya tersendiri. termasuk amal perbuatan selama berada dalam masjid.


Masjid adalah rumah Allah di bumi ini. Allah mempunyai sifat yang Maha Suci maka, rumah nya pun harus di sucikan. dengan apa? yaitu dengan adanya adab.


Masjid tempat untuk beribadah, semua amal perbuatan yang berkaitan dengan mendekatkan diri hamba padaNya,   apa yang Allah senangi dan sebaliknya,  semua amal perbuatan yang berkaitan dengan menjauhkan diri dengan tuhanNya , maka Ia benci,  apalagi amal itu berlangsung di sekitar dan dalam masjid, contohnya,  datang ke masjid guna untuk mendatangkan dosa, seperti ghibah (gosip), bertengkar, membuat keributan, bersikap 'onar', dan lain sebagainya, ini di larang.


jadi, dimana pun dan kapan pun, terapkanlah adab nya. Adab yang seharusnya itu, hormatilah pemilik  tempatnya,  bagaikan ketika kita bertamu,  hendaknya menghormati  pemilik rumahnya dengan adab yang sopan. Begitu juga saat kita berada di masjid, yang tidak boleh disikapi dengan seenaknya,  karena itu rumah Allah,  harus lebih spesial kita menghormatinya. Kalau kita menghormati masjid dengan mulia,  maka Allah pun pasti akan membalasnya,  dengan penghormatan yang lebih baik, karena islam telah mengajarkan kita agar menjadi hamba yang terpilih, kita sebagai seorang muslim, harus bisa mencerminkan perbuatan kita dimana pun, tidak boleh berbeda tempat,  berbeda pula menyikapinya,  baik terlihat orang lain,  hingga tak ada orang yang dapat melihat dirinya kecuali Allah. 


Jangan sampai,  identitas kita sebagai muslim itu hanya gelar semata yang hanya membuat nama Islam terkotori karena para pemeluknya ini tak mencerminkan bila ia itu beragama islam, dan cerminan yang sederhana yang bisa kita tunjukkan sebagai seorang muslim yang baik adalah sikap  memuliakan masjid dengan mengindahkan adab-adabnya.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!