Saturday, July 28, 2018

Your Life Your Choice




Oleh: Minah, S.Pd.I

Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan ada resikonya. Kejadian saat ini adalah hasil dari pilihan-pilihan kita dimasa lalu dan pilihan-pilihan kita saat ini  akan menentukan masa depan hidup kita.


Hidup  ini adalah pilihan, kita dipersilahkan memilih diantara dua jalan. Firman Allah: “dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan ( kebaikan dan kejahatan)”. (QS. Al-Balad:10)


Allah memberikan kita akal untuk berfikir. Allah jadikan akal kita agar kita mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.  Mana perbuatan yang baik (Taqwa) dan mana perbuatan yang buruk. Jalan Taqwa adalah ketika manusia  memuaskan dorongan naluri dan kebutuhan jasmaninya sesuai dengan perintah Allah dan larangan-Nya. Ini berarti kita telah melakukan kebaikan dan berjalan pada jalan Taqwa. Namun, bila manusia memenuhi dorongan naluri dan kebutuhan jasmaninya seraya berpaling dari perintah dan larangan Allah, berarti ia telah melakukan perbuatan buruk dan berjalan diatas jalan kemaksiatan. 


Manusia bebas untuk memilih. Your life your choice. Firman Allah dalam surah al-Kahfi:29

 “ dan katakanlah(Muhammad), Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, barangsiapa menghendaki(beriman) hendaklah dia beriman, dan barangsiapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir.” Sesungguhnya Kami menyediakan neraka bagi orang-orang yang zalim, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka mmeminta pertolongan(minum), mereka akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan wajah. (itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS. Al-Kahfi:29)


               Rasulullah bersabda, "Semua umatku masuk Surga kecuali yang tidak mau". "Siapa yang tidak mau ya Rasulullah?", "Siapa yang mentaatiku maka masuk Surga dan siapa yang durhaka kepadaku maka dia tidak mau masuk surga".
 

Jadi jelaslah dengan akal sehat sudah tahu halal dan haram dengan segala akibatnya masing-masing, bukan tidak tahu, tetapi tidak mau. Karena banyak manusia yang sudah tahu akan akibat memilih yang baik atau yang buruk. Namun banyak dari manusia itu yang tidak mau mengikuti aturan yang Allah berikan.

Nikmat dan adzab pasti ada, surga dan neraka pun sudah diciptakan
dengan bekal yang sudah diberikan-Nya, nah sobat, mari kita tentukan pilihan
dengan sebaik-baiknya pilihan, your life your choice.

Pilihan dalam hidup ini hanya ada dua yaitu baik dan buruk, oleh karena itu kita bebas memilih karena kita mempunyai akal, pasti kita mengetahui ingin pilih yang mana untuk bekal kita nanti di akhirat. Karena semua pilihan kita akan dipertanggungjawabkan. Firman Allah dalam surah al-Mudatstsir:38.


Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang Telah diperbuatnya”(QS. Al-Mudatstsir:38)

Hidup di dunia ini hanyalah sementara, kita butuh bekal yang akan kita bawa di akhirat kelak. Gunakan hati dan pikiran untuk menentukan pilihan. Dan sebaik-baik pilihan adalah yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!