Friday, July 20, 2018

Wahai ukhti, hati-hati bawa diri !


Oleh: Rosmita

(Pemerhati Generasi) 


  "Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita solihah" (HR. Muslim) 


  Begitu mulianya wanita dalam pandangan islam, disaat kaum jahiliyah membenci dan menghinakan wanita islam datang melindungi hak dan mengangkat derajat seorang wanita. Maka disebutlah dalam hadis diatas sebaik-baik perhiasan adalah wanita solihah yaitu wanita yang bisa menjaga kehormatan dirinya.         Karena pada kenyataannya sekarang banyak wanita yangmengumbar auratnya, merendahkan dirinya, bahkan tanpa malu menjajakan tubuhnya. Wanita seperti inilah yang bisa menjadi fitnah bagi kaum lelaki. 

"Tidaklah kutinggalkan fitnah yang lebih besar bagi kaum lelaki melebihi fitnahnya wanita" (HR. Bukhori) 


  Wahai ukhti, dirimu teramat berharga karena itu jagalah dirimu dan kehormatanmu. Jika sekali saja kamu salah melangkah,maka kamu akan menanggung kehinaan seumur hidupmu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, wahai ukhti! 


1.Tundukkan pandanganmu!  


  "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak darinya. " (Qs. An-nur:31)


  Wahai ukhti, Allah telah memerintahkan kepadamu agar menahan pandanganmu dari memandang sesuatu yang diharamkan. Karena memandang merupakan salah satu sebab terjadinya perzinaan, maka Allah memerintahkan menjaga kemaluanmu dengan menahan pandanganmu serta tidak menampakkan perhiasanmu kepada lelaki yang bukan mahrom. 


2.Tutup auratmu! 


  "Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu'min: "hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka" yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang. " (Qs. Al-ahzab:59) 


  Wahai ukhti, Allah juga memerintahkanmu untuk menutup auratmu dengan mengulurkan jilbab keseluruh tubuhmu, supaya kamu tidak menimbulkan fitnah bagi kaum lelaki dan supaya kamu tidak diganggu. Jilbab yang dimaksud adalah pakaian yang menutup seluruh tubuh, tidak tipis atau transfaran, tidak ketat, tidak diberi wangi-wangian, dan tidak menyerupai pakaian lelaki dan orang kafir. 


3.Jangan tabarruj! 


"Dan hendaklah kamu tetap didalam rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu." (Qs. Al-ahzab:33)


  Wahai ukhti, tetaplah kamu didalam rumahmu, janganlah keluar bila tidak ada keperluan yang mendesak, karena yang demikian itu lebih aman dan dapat menjaga dirimu. Dan janganlah kamu berhias dengan maksud untuk memperlihatkan kecantikanmu atau menampakkan auratmu kepada laki-laki yang bukan mahrommu. 

  Seperti yang banyak dilakukan wanita masa kini, mereka suka keluar rumah dengan menyebarkan fitnah, memperlihatkan aurat mereka dan menampakkan hiasan dan wewangian. Tidak merasa malu berbaur dengan laki-laki yang bukan mahromnya, maka Allah hinakan mereka dan bagi mereka azab yang pedih. 


4.Hindari ikhtilat. 


  Wahai ukhti, jika kamu terpaksa keluar rumah karena keperluan yang mendesak maka hindarilah ikhtilat yaitu bercampur baurnya laki-laki dan wanita yang bukan mahrom dalam satu tempat yang memungkinkan mereka bertemu langsung lewat pandangan, isyarat,atau percakapan.

 Jadi seorang laki-laki yang menyendiri bersama wanita lain yang bukan mahrom dalam kondisi dan suasana apapun adalah termasuk kategori ikhtilat. Hukum ikhtilat adalah haram karena menjadi penyebab terjadinya zina. 

"Tidaklah menyendiri seorang laki-laki dengan  seorang perempuan, kecuali setan menjadi pihak ketiga. " (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim) 


5.Carilah sahabat yang baik! 


  "Seseorang itu menurut agama sahabatnya, maka oleh sebab itu sebaiknya kamu meneliti dulu orang yang akan dijadikan sahabat. " (HR. Abu Daud dan Turmudzi) 


  Setelah kamu melakukan   kewajibanmu tentang hijab, maka carilah sahabat yang bisa mengajakmu pada kebaikan dan mencegahmu dari perbuatan mungkar serta mengingatkanmu dalam kebenaran dan kesabaran. Karena kamu tidak akan sanggup berjuang sendirian untuk mempertahankan nilai-nilai agama yang kamu pegang. Oleh karena itu bergaullah dengan wanita-wanita solihah yang bagus agamanya dan juga baik akhlaknya supaya kamu istiqomah dijalan Allah. 

  Imam Syafi'i rohimulloh berkata : "Apabila engkau memiliki sahabat yang membantumu dalam keta'atan kepada Allah Ta'ala,maka genggam eratlah ia jangan kau lepaskan.Karena mendapatkan seorang sahabat yang baik adalah perkara yang sulit sedangkan melepaskannya adalah perkara yang mudah. " 

Wallohu a'lam bishowab.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!