Friday, July 27, 2018

Untuk Apa Kita Beribadah?


Oleh : Lilik Yani


Allah yang Maha Besar dan Maha Kuasa, sebenarnya tidak membutuhkan ibadah kita. Jika kita beribadah dengan sungguh-sungguh pun. tidak menambah kebesaran Allah.


Jika kita beribadah dengan bermalas-malasan pun, juga tidak mengurangi kekuasaan Allah. Jadi, dengan atau tanpa ibadahpun kebesaran dan kekuasaan Allah tetap agung, tidak terpengaruh sedikitpun.


Bahkan jika seluruh makhluk sedunia tidak mau beribadah sama sekali, Allah tetap Maha Besar dan Maha Kuasa. 


Jadi, sebenarnya yang membutuhkan ibadah itu kita sendiri, bukan orang lain, apalagi Allah. Gak butuh banget.


Hakekat ibadah kita itu, akan kembali kepada kita sendiri. Jika kita beribadah dengan sungguh-sungguh ikhlas karena Allah dan mengikuti teladan Rasulullah, maka kebaikan ibadah itu akan kembali kepada kita.


Sebaliknya, jika kita ibadahnya dengan bermalas-malasan, kadang rajin kadang santai, ibadah asal gugur kewajiban, maka yang kita dapatkan juga sesuai upaya yang kita kerahkan. 


Allah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada Allah. Tetapi baik atau buruknya ibadah yang kita lakukan, akan kembali kepada kita. Pahala atau dosa kembali kepada kita yang menjalaninya.


Maka dari itu, saudaraku, jika kalian sayang kepada tubuh kita, agar nanti tidak disiksa di neraka, maka marilah kita terus berupaya untuk memperbaiki ibadah kita. Kita tingkatkan ketaatan kita kepada Allah, tanpa banyak alasan.


Kalau Allah menurunkan syariat atau aturan yang berupa Al Qur'an dan As Sunnah itu, bukan bermaksud memberatkan kita lho. Tetapi itu sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada kita, agar dalam ibadah, kita memiliki panduan yang benar dan teladan yang baik yaitu Rasulullah saw.


Saudaraku, mari kita tunaikan kewajiban kita kepada Allah untuk manjalankan semua aturan Allah tanpa pilih-pilih, sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah Al Kholiq (sang Pencipta) dan Al Mudabbir (sang Pengatur). Hingga kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada kita, berupa pahala dari Allah, Ridlo Allah dan Syurga Allah akan diberikan kepada hamba-hambaNya yang tunduk patuh kepadaNya.


Kita tidak akan bisa beribadah dengan baik, tanpa pertolongan Allah. Maka marilah kita selalu memohon pertolongan Allah. Semoga dilembutkan hati kita untuk ikhlas menjalankan ibadah. Diringankan kaki kita untuk melangkah menjalankan kebaikan. Ditundukkan diri kita untuk menghamba hanya kepada Allah semata.


Semoga Ridlo Allah akan selalu mengiringi setiap langkah kita. Hingga berakhir perjuangan kita jika sudah menapak di jannahNya. Bertemu Allah dan Rasulullah tercinta. In syaa Allah. Aamiin.



#MenulisuntukMuhasabahDiri #MenulisdenganCinta


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!