Friday, July 27, 2018

Suara Mahasiswa Menentukan Peradaban Jaya


Oleh: Jasmyne Sabiya


Salam mahasiswa.

Salam perjuangan.

Sapaan ini yang biasa kita dengar bila kita bergaul dengan mahasiswa. Katanya sih sapaan ini buat bangga gitu. Bangga jadi mahasiswa. Bangga dengan apa yang diperjuangkannya. Wauw!


Namun sahabat ku,

siapa mahasiswa itu?

Apa yang diperjuangkannya?

Apa mahasiswa yang mengikuti rekayasa dunia, atau mahasiswa yang memperjuangkan peradaban jaya? (mantap!).


Mahasiswa adalah seorang yang belajar di perguruan tinggi, pergi pagi, ngabsen diri, gaya sok akademi, nangkring di kantin mbak Titi (eh siapa tu? ), pesan cuma kopi atau mie,  mental anak mami, omongannya basi, sibuk sana sini, pulang di sore hari.

Eps! ada yang lupa. Pengejar IPK tinggi, pengejar skripsi, wisuda  coumloud dengan nilai tertinggi(lah kok bisa!).

Duh ampun,, kalo mahasiswa gini mah sempit pikirannya. Ga jaman now banget.


Wahai sahabat.. 

Mahasiswa adalah seorang yang tidak hanya belajar di perguruan tinggi, yang kemudian lulus tak berarti. Namun, selain itu mahasiswa memiliki cita-cita yang tinggi. Memiliki jiwa yang besar.  Jiwa kepemimpinan berfikir. Tentu semua itu harus sesuai dengan Islam, yang di landasi keimanan kepada Allah. Sehingga terbentuk kepribadian Islam, pola sikap dan pola pikir Islam dan tumbuh menjadi jati diri integritas yang kuat.


Pemikirannya skala sistem politik. Mampu melihat kerusakan dan kebobrokan yang terjadi karena sistemik. Kemudian bangkit kesadaran diri menjadi agent of change yang hakiki untuk negeri. Peran dan kontribusi yang diberikan mahasiswa mampu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi.


Jangan menjadi mahasiswa yang buta. Buta dengan fakta yang rusak di depan mata. Buta dengan fakta sistem yang menyiksa. Hanya bisa terdiam seribu bahasa.


Sahabat mahasiswa harus bangkit. Melawan kezholiman penguasa. Jangan biarkan mereka membungkam suara dan perjuangan mahasiswa. 

Karena suara dan perjuangan mahasiswa menentukan peradaban dunia jaya. Kembali pada kejayaan yang hanya menerapkan Islam kaffah di atas manhaj kenabian.


Sahabat mahasiswa, teguhkan pendirianmu. Allah bersamamu, bersama orang-orang yang memperjuangkan agama Allah. Itu janjiNya.


Allah SWT berfirman:


يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِنْ تَـنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ


"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

(QS. Muhammad 47: Ayat)


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!