Wednesday, July 11, 2018

Stop Hate!


Oleh: Raden Ayu Ekalina (IRT, Anggota komunitas revowriter)


Dia punya masa kita nggak?

Dia bisa cantik, kita juga bisa sist!

Dia fashionnya kerenn abizz..lhaa kita mati gaya"

Dia udah punya kendaraan...kita masih jalan kaki aja??

Gak malu..?!


"Nyalonn atuhh biar kinclong sayy.."

"Makanya diet..jangan makan moloo.."

"Beli donkk..gak usah chash, nyicil juga bisa..lewat leasing gampang gak ribet, depe dikit pulang dah bawa barang.

Atau tinggal gesek bunn..pake credit card ajahh..bayar bulan depan, gampang kan??

Hari gini kalo gak nyicil, gak ngutang, gak kredit..gak akan punya barang sayy..


Begitulahhh...

Percakapan sehari hari yang sering kita dengar dilingkungan sekitar. Demi terlihat sempurna di mata orang lain, rela berpayah payah memaksakan diri.

Ngeliat hidup orang lain lebih baik maka timbul rasa cemburu, iri hati. Inginnya menyamai karena merasa tersaingi.

Salah satu penyakit hati yang sering menghinggapi manusia zaman now.


Duhhh kalo iri buat ngejar akhirat sih kereen..kalo cuma urusan dunia...? apalagi sampe maksain keadaan diluar kemampuan diri, jaim alias pencitraan, rasanya rugi.

Ibarat makan kuaci seember, kenyang nggak..capek iyaaaa..

Sawang sinawang kata orang jawa mahh, sama halnya dengan pepatah "rumput tetangga lebih hijau". Padahal dia gak tau kalo rumput tetangganya ternyata rumput sintetis..aspalll..

Asli tapi palsu..wkwkwkwk๐Ÿ˜


Ada yang kepengen badannya lansing, lempeng kayak tiang listrik, trus mati matian diet demi bisa kuyus..akhirnya malah kena penyakit magh.


Ada yang maksain beli baju super ketat karena liat mentemennya bergaya ala foto model, ingin serupa padahal tak sama. Gak sadar kalo bentuk tubuhnya kurang proposional, muka buled, tinggi minimalis, bokong tepos tapi betis bengkak..

Hellooowww..bikin sepet mata yang mandang..upps!


Ada yang kepincut pengen wajahnya terlihat putih mulus akhirnya beli aneka cream wajah, di tembelin ke muka tiap hari demi putih yang diinginkan, padahal kalo diliat wajahnya jadi kayak habis di cuci pake cairan pemutih pakaian, hasilnya warna muka ama leher beda jauhh..hiks hiks..black n white๐Ÿ˜


Ada juga yang sudah ngebet pengen punya barang-barang mewah dan kendaraan pribadi, walau belum butuh n gak mampu beli tapi tetep nekad memiliki, akhirnya terjerumus ribawi..


Astaghfirulloh..๐Ÿ˜ข


semua berkiblat pada kenikmatan duniawi, segala sesuatu tersaji lewat proses instan, membuat orang menjadi malas dan manja. Gak sabaran jugak..maunya cepat dan mudah, gak pake kerja keras. Ge Pe El (gak pake lama).

Inginnya terlihat cantik/tampan, gaya dan mewah lalu mengesampingkan batasan-batasan hukum syara' yang menjadi tolak ukur perbuatan, mana yang boleh mana yang tidak boleh untuk diikuti. Mana yang penting mana yang tidak.


Hawa nafsu mencintai dunia secara berlebihan seringkali menghalangi untuk meraih keutamaan tinggi di sisi Allah. Keinginan mengalahkan kebutuhan. 

Akibatnya berimbas lebih besar pasak daripada tiang.


Dari ‘Abdullah bin Mas’ud ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,


ู„ุงَ ุญَุณَุฏَ ุฅِู„ุงَّ ูِู‰ ุงุซْู†َุชَูŠْู†ِ ุฑَุฌُู„ٌ ุขุชَุงู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…َุงู„ุงً ูَุณُู„ِّุทَ ุนَู„َู‰ ู‡َู„َูƒَุชِู‡ِ ูِู‰ ุงู„ْุญَู‚ِّ ، ูˆَุฑَุฌُู„ٌ ุขุชَุงู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ْุญِูƒْู…َุฉَ ، ูَู‡ْูˆَ ูŠَู‚ْุถِู‰ ุจِู‡َุง ูˆَูŠُุนَู„ِّู…ُู‡َุง


“Tidak boleh hasad (ghibtoh) kecuali pada dua orang, yaitu orang yang Allah anugerahkan padanya harta lalu ia infakkan pada jalan kebaikan dan orang yang Allah beri karunia ilmu (Al Qur’an dan As Sunnah), ia menunaikan dan mengajarkannya.”


Dalam hal ini jelas Rasulullah menyebutkan dua golongan manusia yang pantas mendapatkan iri dari kita, pantas untuk dicemburui, yaitu orang yang memahami al-Qur’an dan mengamalkannya serta orang yang memiliki harta dan menginfakkannya di jalan Allah.


Semestinya sikap iri atau cemburu yang benar adalah sikap iri dalam hal kebaikan yang ditunjukkan oleh orang-orang yang sempurna imannya, bukan cenderung lebih iri pada kelebihan fisik dan materi.


Kelebihan fisik adalah karunia Allah, pun kelebihan rizki, itu hak Allah sebagai pencipta dan pemberi. 

Suka suka Allah lahhh..ngapain juga kita mikirin yang jadi urusan Allah..?

Sibuk bertanya tanya..mengapa begini? Mengapa begitu?

Tak usah lagi berkata, "enak  bangedd yah hidup mereka?"


Kita ini memang berjalan diatas bumi yang sama, tetapi dengan takdir yang berbeda, maka jangan pernah bandingkan hidup kita dengan orang lain.

Ketika kita lihat orang lain bergelimang kenikmatan, sepertinya terlihat sempurna, padahal kita tidak pernah tau di balik itu semua apa yang telah Allah ambil darinya. Bisa jadi kenikmatannya membawa petaka.

Sebaik-baiknya kehidupan orang, pasti ada beberapa hal yang tidak kamu ketahui dari luar, dan yang kita cari adalah ridho Allah bukan ridho manusia.


Tidak ada manusia yang sempurna..begitulah Allah mencipta, maka syukuri dulu apa yang di punya, pasti akan Allah tambah nikmatNya.

Allah Ta’ala berfirman,


ูˆุฅู† ุชุดูƒุฑูˆุง ูŠุฑุถู‡ ู„ูƒู…


“Jika kalian ingkar, sesungguhnya Allah Maha Kaya atas kalian. Dan Allah tidak ridha kepada hamba-Nya yang ingkar dan jika kalian bersyukur Allah ridha kepada kalian” 

(QS. Az-Zumar: 7).


ูˆุฅุฐ ุชุฃุฐู† ุฑุจูƒู… ู„ุฆู† ุดูƒุฑุชู… ู„ุฃุฒูŠุฏู†ูƒู…


“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’” (QS. Ibrahim: 7).


Banyak bersyukur akan menjadikan kita manusia yang lebih baik, ikhlas dan  bersabar atas ketentuan dan ketetapan Allah SWT.


Wallahu'alam bishowab.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!