Saturday, July 14, 2018

Resensi Buku "Agar Anak Tidak Durhaka"


Judul Buku: Agar Anak Tidak Durhaka

Penulis: As'ad Karim al-Faqi

Penerbit: Gema Insani

Tahun terbit: Oktober 2007

Tebal buku: 200  halaman

Peresensi: Minah 


Pendidikan Islam terhadap anak harus dimulai sejak masa kanak-kanak. Mengapa? Karena pada masa kanak-kanak merupakan masa pembentukan watak yang utama. Apabila  seorang anak dibiarkan melakukan sesuatu  yang kurang baik dan kemudian telah menjadi kebiasaan, maka susah  untuk meluruskannya. Anak juga ibarat  selembar kertas putih. Apa  yang pertama kali ditorehkan dikertas  putih tersebut, maka itulah yang akan membentuk karakter  dirinya.


Al-Ghazali pernah mengatakan, "anak adalah amanah di tangan ibu bapaknya. Hatinya masih suci ibarat permata yang mahal harganya. Apabila ia dibiasakan pada  suatu yang baik dan dididik, niscaya ia akan tumbuh besar dengan sifat-sifat baik dan akan bahagia di dunia dan akhirat. Sebaliknya, bila ia di biasakan  dengan  tradisi-tradisi buruk, tidak dipedulikan  seperti  halnya hewan, niscaya dia akan hancur dan binasa."


Siapa sih yang ngak pengen  anaknya berbakti kepada  kedua orang tua? Pastinya setiap orang tua menginginkan anak yang baik dan berbakti, terlebih lagi  agar anaknya tidak durhaka. Namun di era zaman now tak jarang anak membangkang, durhaka, malas dan tidak taat kepada orang tuanya bahkan jika tidak dikasih  uang jajan bisa marah, dan parahnya  ada yang sampai  memukul dan membunuh  orang tuanya. Menyedihkan!


Jika terjadi  hal demikian, bagaimana pandangan  kita sebagai orang tua? Apa yang salah dengan  hal ini? Apakah  orang  tua ataukah anak yang bermasalah?


Nah, buku ini sangat  bagus dibaca buat kita orang tua atau  calon orang tua. Buku ini sebagai tambahan ilmu untuk mendidik anak agar tidak durhaka kepada  kedua orang tuanya , memberikan mutiara nasihat, kiat dan tuntunan bagaimana agar anak tidak durhaka kepada  kedua orangtuanya.




#ResensiJuli15


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!