Sunday, July 29, 2018

Remaja Now Kudu Gaul Sehat


Oleh : Almeera


Berbicara sehat pasti identik dengan makanan sehat, kulit yang sehat, tubuh yang sehat. Ibaratkan makanan sehat harus lengkap asupan gizinya yakni karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta bla bla. Pergaulan juga kudu sehat ya guys. 



Tidak bisa dipandang seblah mata, jika pergaulan remaja jaman now sudah jauh dari aturan islam. kehidupan yang serba bebas membuat remaja terjerumus kepada prilaku jauh dari islam. Semisal pacaran, using drugs, tawuran de el el. Itulah sebagian potret remaja zaman now. Naudzubillah. 



Nah pertanyaanya, apakah kita akan membiarkan remaja konsisten dengan pergaulan bebas tersebut? Tentu tidak ya guys. 

Allah SWT berfirman “Dan haruslah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali imran: 104). 



Trus gaul sehat seperti apa?Apakah bergaul dengan sesama jenis saja atau bagaiman? Tentu tidak yah guys. Let explain it. 

Guys, mang sih dalam islam gak dilarang bergaul dengan siapa saja. Asalkan gaulnya itu sesuai aturan islam. Let explain it. Pertama, dilarangan mendekati zina. Bisa dibayangkan gusy, mendekatinya saja kita dilarang apalagi ngelakuinya. Remember ya. 

“Janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.”(QS Al Isra’:32). Kedua, memelihara kehormatan, kemaluan juga pandangan. 

“ Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “ Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluanya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat” (An-Nuur :30)



Ketiga, cewek atau cowok dilarang berdua-duaan (berkhalwat) dengan yang bukan mahramnya. “Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan wanita tanpa ada mahram wanita tersebut karena setan menjadi yang ketiganya di antara mereka berdua.” (HR.Ahmad). Ngeri- ngeri juga sih kalau ada setan tiba-tiba ikut nimrung dengan kita. Naudzubillah. 



Keempat, hindari campur baur cewek and cowok. Kalau cewek sama cewek sih enggak masalah. Menjadi masalah jika bertemunya cowok and cewek karena jatuhnya pada hukum ikhtilat. Pertanyaanya apa remaja jaman now tau apa itu ikhtilat? Jangan-jangan mereka enggak tau. So, ta jelaskan sedikit mengenai ikhtilat ya guys. Jadi gini ikhtilat itu bertemunya cewek and cowok (bukan mahramnya) disuatu tempat secara campur baur dan terjadi interaksi. Semisal berbicara tanpa ada keperluan syar’I, bersentuhan, berdesak desakan, de el el. Tapi ketika didalam mobil umum, enggak terjadi interaksi, maka kondisinya enggak disebut ikhtilat. Tetapi, jika ada interaksi. Misalnya kenalan, curhat de el el maka jatuhnya ke ikhtilat. 


 

Kelima, cewek and cowok harus tau kewajibanya ketika sudah balig(dewasa). Misalnya menutup aurat. Karna dengan menutup aurat baik cewek and cowok maka akan menjaga mereka dari fitnah. Nah guys pada kudu tau juga kalau menutup aurat itu wajib. 

Rasulullah SAW bersabda :“Wahai Asma’: Sesungguhnya wanita yang telah haid

tidak layak baginya terlihat dari tubuhnya kecuali ini dan ini…” (wajah dan telapak tangan)[HR. Abu Dawud, no. 3580]. 



Perlu kita tahu ya guys, islam mengatur hal tersebut enggak berarti mengekang tapi untuk menjaga para remaja untuk tidak melakukan hal-hal yang berbenturan dengan aturan islam.



 Pun kita akan terhindar dari problem-problem kecil yang akan ditimbulkan dari ikhtilat tersebut. Oppsss jangan lupa juga guys, untuk lebih tahu mengenai islam maka harus belajar ilmu islam. Jangan pernah berhenti karna setiap apa yang kita lakukan didunia ini akan kita pertanggung jawabkan.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!