Tuesday, July 24, 2018

Merindu Ulama Pewaris Nabi


Oleh: Tati Nurhayati (Pengurus MT Nurul Hidayah)

Ulama, disebut juga warisatul anbiya. Pewaris nabi. Ulama memiliki posisi yang sangat penting dan mulia di sisi ilahi dan Rasul. 

Sejatinya, sepeninggal Rasul saw, para ulama tak hanya mewariskan risalah. Tapi, juga mewarisi misi dakwah dan jihad; mewarisi sifat dan akhlaq. Mewarisi keistiqomahan, keteguhan, kesabaran, semnagat dan keberanian Rasul dalam memperjuangkan dan membela Islam. Tanpa khawatir dan takut kepada celaan para pencela. Karena sebuah keniscayaan bagi para ulama untuk mewarisi juga penderitaan Rasul saw. yang banyak dihadapkan pada banyak tantangan, celaan, hujatan, penganiayaan fisik dari para penentang dakwah.

Saat ini banyak ulama di tengah kita. Hadir untuk berdakwah. Tapi, berlindung pada zona aman dan nyaman dari gangguan penguasa dzalim. Berlindung dengan materi dari yang didapatkan via dakwah. Sungguh, bukan seperti itu karakter para ulama pewaris nabi. Karena tak ada seorang nabi pun yang menikmati area aman dan nyaman saat berdakwah. Saat mengemban risalah Allah swt secara kaffah. 

Para nabi seperti nabi Nuh as, nabi Luth as, nabi Ibrahim as, dan nabi Musa as, semuanya merasakan penderitaan yang sama saat mengemban dakwah. Mereka dicaci maki, diintimidaasi, diboikot, dianiyaya secara fisik bahkan diancam untuk dibunuh. Tampaknya,para ulama saat ini perlu mengevaluasi jejaknya. Bercermin dari keteladaan para ulama yang benar-benar menjadi pewaris nabi.

Wallahua’lam bish shawab



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!