Monday, July 30, 2018

Kiki Challenge or Alloh Challenge?


Oleh : Iyatia Yulian 

(Ibu muda, anggota Revowriter) 


Masih ramai dikalangan remaja zaman now, in my feeling challenge atau kerap di panggil kiki challenge. Wah apatuh? Ituloh, aksi turun dari mobil terus joget-joget sambil ngikut laju mobil. Terus di upload di medsos. 

Yup, awalnya aksi tersebut ramai dilakukan oleh para youtuber muda termasuk di Indonesia.  Mulai para abg, hingga yang tak lagi muda. Miris, sebagianya adalah para muslimah.


Menurut akun instagram faktanyagoogle di anggap berbahaya dan challenge ini kini dilarang. Gimana ga sob, ditengah jalan, keluar mobil dengan pintu mobil dalam keadaan terbuka, kemudian joget di pinggir jalan. Selain mengganggu pengguna jalan yang lain, juga melanggar lalu lintas dan membahayakan diri sendiri. Tapi apa daya kaum muda mudi terlanjur cinta. Hingga menjamurnya video challenge ini tak dapat dibendung.


Apa manfaatnya? Apalagi, selain demi eksistensi dan popularitas. Menjadi pusat perhatian dan trendsetter dikalangannya pada jamannya. 


Betul, masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa, masa dimana si remaja ingin menunjukan rasa ingin di kenal, ingin di anggap 'ini loh gue!'. Hingga wajar kalau berbagai cara ditempuh buat eksis. 


Namun bagi seorang muslim, Alloh tetapkan standar dewasa adalah baligh ditandakan dengan menstruasi bagi wanita dan mimpi basah bagi pria. Saat tanda itu sudah datang artinya kita sudah bisa dikatakan baligh dan siap menanggung pahala ataupun dosa kita sendiri. 


Nah Sob, sebagai seorang muslim harusnya kita kudu bangga atas identitas kita, ada banyak cara agar tetap eksis tanpa harus ikut- challenge yang tidak ada manfaatnya. 

Sedari dulu, Alloh sudah beri kita challenge looh, seperti dalam firman-Nya :


ﻟِﻜُﻞٍّ ﻭِﺟْﻬَﺔٌ ﻫُﻮَ ﻣُﻮَﻟِّﻴﻬَﺎ ﻓَﺎﺳْﺘَﺒِﻘُﻮﺍْ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ ﺃَﻳْﻦَ ﻣَﺎ ﺗَﻜُﻮﻧُﻮﺍْ ﻳَﺄْﺕِ ﺑِﻜُﻢُ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺟَﻤِﻴﻌﺎً ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ


Artinya : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al- Baqarah : 148 )


Yup sob, itulah challenge dari Alloh. Alloh suruh kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Bahkan tanpa modal, misalnya ngingetin temen sebangku buat engga nyontek, ngajak temen sholat, atau ngajak temen ikut kajian, simple kan? Tanpa modal tapi berpahala dan kita tetep eksis di depan Alloh. Karena keren dihadapan manusia sama sekali ga berpengaruh sama kualitas diri kita sob. Yang ada malah bisa menjerumuskan kita menjadi riya, selalu ingin nampak sempurna. Padahal itu ga baik. So, eksis di hadapan Allah lah yang seharusnya kita kejar. Karena Alah akan memuliakan orang yang senantiasa mendekat kepadaNya. So pilih challenge yang mana? 

Kiki challenge or Allah challenge.

Waullohu a'lam..


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!