Wednesday, July 25, 2018

Jenuh


Oleh: Salwa Aisha

Siapa sih yang yang pernah mengalami jenuh? Saya yakin bahwa rasa jenuh pernah menghampiri kita. Rasa jenuh sangat manusiawi teman. Bukan satu hal yang aneh jika kita merasakannya.

Suatu saat dalam hidup yang penuh lika liku, jenuh bisa saja hadir dalam diri kita teman. Seorang pegawai kantor terkadang merasa jenuh karena laporan yang menumpuk. Seorang istri terkadang merasa jenuh karena merasa "terpasung" dengan tugas rumah tangga yang seolah tak ada kata habis, seorang pelajar bahkan terkadang merasa jenuh hingga hari libur tiba.

Jenuh dapat menyerang siapa saja. Karena jenuh merupakan sebuah kebosanan terhadap aktivitas yang dilakukan secara terus menerus tanpa jeda. Jenuh bisa saja terjadi karena aktivitas yang dilakukan tanpa ada sentuhan motivasi, tanpa penghargaan dan sanki terkadang aktivitas menjadi begitu membosankan. 

Bagaimana dengan pengemban dakwah? Seseorang yang seharusnya selalu melakukan aktivitas menyampaikan kebenaran islam, dan mencegah kemungkaran. Apakah ia tidak bisa jenuh? Bukankah pengemban dakwah juga manusia? Maka prngemban dakwah apapun kondisinha maka ia tetap tidak boleh jenuh dengan aktivitas mengemban dakwah islam. Kenapa?

Jelas karena baginda rasul Muhammad saw tak pernah merasa jenuh mengemban dakwah. Rasulullah senantiasa mencontohkan kepada kita tentang kesabaran, keteguhan,serta kesunguh-sungguhan dalam menjalankan misi dakwah ilal Islam.

Tidak dapat kita bayangkan, jikalau ada masa Rasul merasa jenuh dalam berdakwah. Apa jadinya jika hal itu terjadi?. Tentulah agama mulia ini takkan sampai kepada kita. Cahaya agama Allah ini pasti takkan menyentuh lubuk hati kita.

Rasul memberikan teladan yang sangat indah kepada kita untuk bergelora dalam menyampaikan agama Allah. Beliau memberikan janji janji indah tanpa dusta tentang balasan bagi siapapun yang tak pernah jenuh dalam mengemban dakwah. 

Allah berfirman "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar . merekalah orang-orang yang beruntung". ( TQS Ali Imran : 104).

Semoga kita tidak pernah merasa jenuh menapaki jalan dakwah, meski banyak aral melintang. Tetaplah teguh kawan dalam meraih kemenangan islam, Allahu akbar!!!



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!