Wednesday, July 11, 2018

Islam Adalah Kesempurnaan Cinta


Oleh : Ummu Aqeela


Akhir-akhir ini Islam kembali menjadi polemik dan perbincangan. Istilah Islam Nusantara yang diklaim sebagai ciri khas Islam di Indonesia yang mengedepankan nilai toleransi dan bertolak belakang dengan Islam Arab telah menimbulkan pro dan kontra di sebagian besar masyarakat Islam di Indonesia. Memang Islam Nusantara sendiri bukanlah istilah baru yang kita dengar sudah dari beberapa waktu lama istilah ini sudah memasyarakat di Indonesia. Namun belakangan menjadi heboh kembali karena dikampanyekan secara besar-besaran dan gencar oleh Ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama ( NU ). 

 Menurutnya, Istilah Islam Nusantara merujuk pada fakta sejarah penyebaran Islam di wilayah Nusantara yang disebut dengan cara pendekatan budaya bukan dengan cara doktrin yang kaku dan keras. Dari pijakan sejarah itulah  NU akan terus mempertahankan karakter Islam Nusantara yaitu " Islam yang Ramah, anti Radikal, Inklusif dan Toleran ". ( WIKIPEDIA INDONESIA )




Islam adalah agama yang sempurna begitulah yang harus diyakini oleh umat. Dan Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah Ta'ala bukan agama lainnya. Allah berfirman : 

" Pada hari ini kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmatKU, dan telah kuridhoi Islam itu menjadi agama bagimu ". ( QS. AL Ma'idah : 3 ).

Dalam ayat diatas dikatakan dengan jelas bahwa Islam adalah agama yang sempurna tidak perlu ditambah ataupun dikurang apalagi dirubah sesuka hati. Jika sebagian besar orang dangkal dalam memahami Islam, maka yang salah bukan Islamnya tapi kedangkalan pikirannya.




Dalam sejarah dunia di zaman Khulafah Ar-Rasyidin dan beberapa khalifah dinasti Umayyah, Islam menguasai hampir sepertiga dunia. Dua imperium besar saat itu hancur yaitu Persia dan Romawi. Mesir, Afrika utara, Spanyol ( andalusia ), sebagian Eropa, dan sebagian Asia tengah berada digenggaman Islam. Dan dalam waktu yang lama mereka makmur dan berjaya dalam naungan Islam. Itu karena Umat pada masa itu begitu kuatnya menggenggam keimanan dalam dada. Mereka berjuang untuk memajukan Islam dengan harta mereka, pikiran mereka bahkan sampai nyawa yang melekat di raga. Patutnya kita berkaca dari masa-masa itu bagaimana perjuangan para syuhada untuk tetap menancapkan keimanan yang kuat bukan untuk merubah segala sesuatu yang sudah sempurna dari awalnya.



Islam adalah agama yang Rahmatan Lil'Alamin, agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam  bukan hanya rahmat sebatas Nusantara saja. Sebagai muslim keyakinan terhadap agama Islam berdasarkan Al quran dan Hadist sudah jadi referensi yang kuat dalam melangkah. Karena sejatinya Islam adalah agama yang benar dan Allah menjanjikan kemenangan kepada orang-orang yang berpegang teguh pada agama ini dan syari'atnya.




Wallahu'alam Bishowab





SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!