Monday, July 9, 2018

Indahnya Syariat Islam Jika Diterapkan


Oleh : Lilik Yani - Praktisi Pendidikan 


Bentuk cinta Allah swt kepada hambaNya adalah dengan memberikan petunjuk atau pedoman hidup.


Jika kita mengikuti pedoman itu baik berupa Al Qur'an dan As Sunnah, yang dibawa oleh sang uswatun hasanah Rasulullah saw, maka hidup kita akan selamat dunia akherat. 


Dilihat dari sudut manapun pedoman hidup atau syariat Allah itu selalu indah.  Baik itu mengenai aturan yang menyenangkan buat kita atau tidak menyenangkan menurut pandangan manusia. 


Tetapi menurut Allah, syariat Islam itu semuanya baik. Karena Allah hanya menghendaki kebaikan buat hamba-hambaNya. Allah tidak mungkin menzalimi hambaNya. 


Syariat Allah itu bukan sekedar mendirikan sholat, menunaikan zakat, menjalankan puasa, menunaikan ibadah haji, mengenakan hijab syar'i, berbakti kepada orang tua, dan semacamnya yang sudah biasa dilakukan oleh orang beriman. 


Tapi ada syariat-syariat lain yang menurut pandangan manusia itu tidak baik dan tidak menyenangkan. 

Seperti jihad di jalan Allah dengan berperang melawan kafir harbi. Manusia menganggap perang sebagai sesuatu yang mengerikan karena ada luka, ada darah, ada kekerasan. Padahal menurut Allah, jihad harus ditegakkan. 


" Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Boleh jadi, kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." ( TQS Al Baqarah : 216 ).


Juga tentang hukum qishos bagi pembunuh, hukum rajam bagi pezina yang sudah menikah, hukum jilid bagi pezina yang belum menikah, hukum potong tangan bagi pencuri. 


Semua itu terasa kejam dan tidak berperikemanusiaan menurut manusia. Tapi menurut Allah, semua syariat Islam itu baik bagi manusia jika diterapkan dengan benar. 


Saudaraku, kita percaya saja sama Allah. Karena Allah tidak mungkin mencelakakan hambanya. Allah tidak mungkin menzalimi hambaNya. Allah hanya menghendaki kebaikan buat hambaNya. 


Jadi semua syariat Islam itu baik untuk kita. Dan syariat itu akan menjadi lebih baik lagi jika diterapkan dalam segala aktivitas kehidupan kita, baik itu syariat yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan menurut kita, maka akan semakin tampak keindahan Islam dan umat bisa merasakan nikmatnya beriman dan berislam. 


Untuk bisa meraih semua itu, mari kita perkuat barisan untuk berjuang menegakkan kembali syariat Islam di negeri ini. Salah satunya dengan berdakwah, menyampaikan indahnya syariat Islam melalui lesan maupun tulisan. Semoga Allah meridloi. Aamiin.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!