Friday, July 20, 2018

Hijrahnya Membebek (Bag. 1)


Oleh : Abqariah Sakynah


Sobat. Saat ini dizaman now, yakin deh. telinga kita mungkin tidak akan asing dengan kata Hijrah apalgi di kalangan para remaja khususnya.

Banyak yang mengatakn bahwa hijrah adlh perpindahan dr prbuatan yg buruk ke perbutan yg baik, dulunya suka ngelakuin hal hal yg buruk skrg mnjadi sosok yg alim, dlunya pacaran skrg jomblo bhkan lebih memilih dgn ungkapan sperti ini "halalkan atau tinggalkan" so, ada yg memilih utk menikah atau memilih utk brhenti berpacaran dan  memilih untuk sendiri dalam ketaatan. 


Dalam kamus KBBI, hijrah diartikan sebagai berpindah atau menyingkir dari satu tempat ke tempat yg lain yg lebih baik dengan alasan tertntu (Keselamatan,kebaikan,dan sbgainya) 


Sobat, tentu jelas bahwa hijrah itu membawa kita kepada jalan yg benar. 

Tapi sobat. Agar Jalan kita adalah jalan yg benar disini pun harus disertai dengan niat yg benar, semata-mata karena Allah ingin mnghrapkan keridhoannya bukan yg lain, bukan karena ikut- ikutan saja, bukan karena ingin dipuji, atau bahkan ingin mengharapkan sesuatu yg lebih dr pandangan manusia. Nah itu yg salah sobat!!


Dizaman now, para remaja now, hehe (jadi serba now smua) kurang lebih hampir smua ingin hijrah, terkhusus untuk para perempuan yg terlihat anggun nan sholihah dengan berbalut jilbab dan kerudung alias hijab syar'i.. buktinya dimana-mana semua mengenakan itu dan sudah menjadi hal yg biasa. Dan bentuk kesyukuran yg luar biasa sehingga pakaian syar'i sudah tidak terlihat aneh dimata masyarakat. Alhamdulillah.. kita berdoa semoga selalu istiqomah 😊 !aamiin. nah sobat, itu hnya satu sampel yaa.. masih bnyak sampel yg lain.


Namun, satu hal yg kadang menyayat hati, ketika dizaman now, kita melihat msih ada muslimah yg hijrahnya hanya membebek, seperti bebek yg bisanya berbaris mengikuti bebek yg didepannya lantas apa hubungannya dgn hijrah yg membebek. Itu dia sobat. Ketika penghijrahan kita di sia siakan hnya karena ikut ikutan dengan Melihat trend masa kini yg sedang trending. Dan ketika trend yg baru pun muncul, kitapun goyah dan menanggalkan pakaian syar'i yg sdh kita kenakan sebagai identitas kita sbgai muslimah. Itu loh yg sngat disayangkan. 


Nah sobat, ketika kita mau agar pnghijrahan kita itu tidak goyah dan bukan hnya skedar ikut-ikutan maka Didalam islam, kita sudah diberikan pegangan bhwa kita diwajibkn utk bertholabul ilmi (menuntut ilmu) karna

sesuai sabda Rasulullah :

''Tholabul ilmi fariidhotun ala kulli muslimin wal muslimat''

Menuntut ilmu itu wajib bagi kaum muslimin dan muslimat


So, semua butuh ilmu,termasuk dalam penghijrahan kita, coba deh jika kita sudah mengetahui bahwa jilbab dan kerudung alias hijab syar'i adlh kewajiban maka pakaian apapun yg terlihat indah dipandangan manusia yakin deh tidak akan dikenakan dan akan setia dgn pakaian syar'i nya ☺☺


Sudah jelas kan sobat, karena dengan kita belajar, kita mengetahui sesuatu, maka akan ada pegangan yg mengikat kita. Apalgi sesuatu itu berkaitan dengan kewajiban, sebab lebih besar balasan dosanya org yg belum faham tentang suatu kewajiban drpda orang yg sudah faham namun enggan melaksanakan..


Sobat.  ketika kita ingin melakukan hal yg baik harus selalu di ingat bahwa yg hrus di dahulukan adalah Niat karena Allah, mempunyai ilmu tentang itu, dan caranya benar. Agar apa yg kita laksanakan menuahkan pahala dan ksih sayang Allah bukan kesia-siaan. Karena amalan tergantung dengan apa yg kita niatkan. 

Keep istiqomah dalam hijrahmu. 😊


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!