Saturday, July 14, 2018

Fenomenalnya  Si Bowo, Bukti Nyata Rusaknya Akidah Generasi


Oleh : Mira Sutami H ( Pemerhati Sosial dan Generasi -Tulungagung )


Tingkah laku anak jaman  now bikin bergidik ngeri. Terbukti artis tik tok si Bowo seorang remaja 13 tahun dipuja -  puja dan digila - gilain para remaja juga anak - anak. Dia dipuja bak dewa saja sampai - sampai mo bikin agama baru dan menuhankan si Bowo ini. Ada lagi seorang remaja putri yang dalam tulisan chatnya bahwa dia rela masuk neraka asal  keperawanannya ditembus sama si Bowo. Kalau baca chat seorang anak ini pasti ibunya akan bersedih hati karena dalam chatnya seorang anak mengatakan rela menjual ibunya demi ketemu sama si Bowo. Dan masih banyak chat yang lain yang sama sekali tidak layak diucapkan oleh seorang remaja terutama muslim. 


Sebenarnya mengidolakan seseorang pada orang lain atau pablik figur mah udah biasa dan bukan hanya  terjadi pada si Bowo artis dadakan  ini saja tapi banyak banget orang yang mengidolakan orang lain atau pablik figur, sampai  - sampai mereka tahu mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki si idola mereka,  begitupun kehidupan pripadinya, bahkan sampai gaya hidupnyapun juga diikuti. Begitupun bila sang idola salahpun mereka bakal bela - belain sampai mati - matian idola mereka itu. Mereka juga berani merogoh kocek dalam - dalam untuk demi ketemu idola atau memberikan sekedar hadiah untuk idolanya. Yang pernah mengidolakan seseorang pasti tahu fakta ini. Betul apa betul sodara - sodara?


Benar - benar fakta yang sangat mengerikan dan memprihatinkan,  akidah anak jaman now bisa tergadai hanya demi seseorang yang mereka idolakan. Itu semua disebabkan karena tanyangan yang mereka tonton tiap harinya dan tentu saja hal tersebut juga tak bisa dipungkiri akibat pengaruh pemikiran kapitalis liberalis dari pengusaha hiburan yang mencekoki pemikiran anak dan remaja saat ini. Belum lagi sistem pendidikan yang diterapkan tak mampu untuk membuat akidah para anak dan remaja makin kuat namun yang terjadi adalah sebaliknya. 


Yang harus diingat bahwa sebagai seorang muslim harusnya dalam beraktifitas harus menyandarkan hidupnya hanya pada lslam dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali. Karena lslam berisikan  syariat untuk mengatur manusia baik laki- laki maupun perempuan yang telah baliq. Karena sesungguhnya aktifitas manusia akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah termasuk mengidolakan seseorang ini, karena biasanya idola seseorang akan berpengaruh pada tingkah lakunya dan gaya hidupnya. Dan harus diingat lslam melarang menyembah sesamanya. Jadi bila kita memuja seseorang seperti mengidolakan  si Bowo sampai ingin menjadikannya tuhan ( sesembahan ) berarti dia telah syiri' dan itu diharamkan oleh lslam. Sobat ingatlah sesungguhnya Allah akan mengampuni semua dosa hambanya kecuali dosa syiri'. Wah ngeri bukan kalau sampai dosa kita tak diampuni oleh Allah berarti orang tersebut kekal di dalam neraka jahanam dong. Coba kita renungkan sesaat  pertanyaan ini :  Apakah kita kuat dineraka jahanam yang panasnya 70 X lipat panas dipandingkan panas dibumi padahal didunia saja kita sering mengeluh bila musim panas  apalagi dineraka?  So jawaban ada pada diri kalian masing - masing. Dan perlu diingat wahai pemuda  pada saat hari perhitungan idola yang kita bangga - banggakan dan kita sanjung bak pencipta itu tak akan mampu dan tak bisa menolong kita karena semua pertanggung jawaban  ya dipikul oleh masing - masing individu.  


Nah sobat, ngeri ya bila kita salah melangkah sedikit saja di dunia ini. Konsekuensinya ya kalau berbut baik atau sesuai aturan Allah pasti Allah akan memberimu pahala dan sebaliknya bila kita melanggar aturan Allah maka konsekuensinya pasti dapat siksa. Karena itu manfaatkan hidupmu hanya untuk taat pada Allah bukan yang lainnya. Kita juga harus bijak ya sobat dalam memilih seorang idola pilihlah seseorang yang membuat kita bertambah baik, baik itu tingkah laku, budi pekerti, pemikiran dan akidah kita. Kita bisa mengidolakan Rosulullah Muhammad , para sahabat rasul, para ulama dan dai misalnya. Kalau mengidolakan mereka dijamin deh akidah dan akhlak kita akan bertambah baik belum lagi ilmu kita juga bakal bertambah deh karena mereka memang patut jadi panutan. Salah satu contoh sahabat nabi yang bisa kita idolakan adalah Mus’ab bin Umair seorang pemuda sebelum masuk lslam kaya raya, berpenampilan necis, wangi dan digilai oleh gadis - gadis pada masa itu, namun setelah masuk lslam dia kehilangan semua kemewahan dan fasilitas dari orangtuanya demi tetap membela lslam,  dia merupakan duta pertama dalam misi penyebaran lslam. Walaupun dia masih muda namun kecakapannya dalam dakwah tak perlu diragukan lagi retorika yang disampaikan sangat menarik dan tentu saja itulah yang membuat orang yang mendengarkan dakwah beliau langsung jatuh hati dan banyak yang tertarik untuk masuk lslam. Tak butuh waktu lama beliau membuat banyak orang yang berbaiat pada nabi Muhammad dan tunduk pada aturan Allah. Hebat bukan. Nah kalau yang ini mah TOP BGT deh kalau dijadikan idola. Itu salah sahabat loh gimana kalau nabi pasti lebis dari itu ya sobb, jadi kita juga bisa mengidolakan junjungan kita yang agung Nabi Muhammad. Kita bisa baca siroh kalau pingin tahu dan hebatnya nabi kita yang agung dan para sahabatnya. Atau kita bisa mengidolakan seorang Muhammad Alfatih penakluk Kostantinopel. Kalau orang hebat macam mereka mah bisa kita jadikan idola karena prestasi yang mereka ukir , beda dong dengan si Bowo yang mini prestasi dan malah hanya membawa pengaruh buruk pada generasi muda. 


Trus bagaimana kalau ilmu agama masih kurang kalau ingin taat terhadap seluruh aturan Allah? Jawabannya adalah kita harus mengkaji lslam secara kaffah. Karena sesungguhnya dengan mengkaji lslam secara kaffah maka kita akan lebih banyak tahu tentang hukum- hukum Allah. Selain itu juga bisa menjaga akidah kita. Harus diingat disini bahwa yang membawa efek buruk atau perusak akidah kita bukan hanya tik tok aja lo tapi hampir semua tanyangan yang ada di televisi, majalah, koran serta game - game yang ada juga bisa merusak akidah kita. Karena semua itu merupakan prodak dari sistem kapitalis yang digunakan oleh penjajah Barat untuk merusak akidah umat lslam. So kita harus selektif terhadap apa yang kita tonton dan jangan sampai kita terlena dan terwarnai dengan tayangan perusak akidah umat ini. 


Para sahabat muda, mari kita jadi muslim yang sejati yang taat pada Allah dimanapun dan apapun aktifitas kita. Jadikan hidup kita lebih bermakna dengan mengkaji lslam kaffah. Namun jangan jadikan ngaji hanya sebagai ajang menuntut ilmu saja tapi harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari - hari ya. Jadi kita tak menjadi kitab yang berjalan namun menjadi muslim yang berkepribadiaan lslam pula. Semoga kaum muda mau merenungkan hal ini dan semua bisa menjadi pemuda dan pemudi idama dan dambaan lslam. Aamiin Ya Robbal Alamin.  

 




SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!