Saturday, July 28, 2018

Fenomena Latah In My Feelings Challenge



Oleh Uthie Siti Solihah

(Member Revowriter)

Bandung

.

Fenomena kekinian yang sedang viral dan membuat latah para pengguna medsos terutama Instagram kembali hadir, adalah 'In My Feelings Challenge' atau disebut juga dengan 'Kiki Challenge' yang beberapa pekan terakhir sedang  digandrungi remaja dan kalangan artis. Saking banyak yang membuat video ini hanya dalam beberapa minggu, lebih dari 300 ribu tagar #InMyFeelingsChallenge menghiasi Instagram.

.

Mereka melakukan tarian sambil keluar dari mobil dan membiarkan pintunya terbuka dan terus menari sambil lipsyng di samping mobil yang terus berjalan secara perlahan.

.

Dilihat dari aktivitas para pembuat video Kiki challenge ini Islam memandang ada banyak madhorot atau hal buruk yang dihasilkan diantaranya:

.

Berbahaya Dan Berpotensi Kecelakaan 


Saat mengendarai mobil dan penumpang tiba tiba turun untuk aksi joget sambil mengikuti mobil yang berjalan perlahan dengan pintu terbuka berpotensi mengakibatkan kecelakaan dengan mengurangi konsentrasi baik pengendara mobil tersebut atau pengguna jalan yang lain. 

.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menuturkan aksi tersebut bertentangan dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) jika dilakukan sambil berkendara. Bahkan pengendara yang melakukan Kiki Challenge bisa dipidana. Bisa dikenakan Pasal 283 jo Pasal 106 ayat 1 UU 22/2009 dengan denda maksimal Rp 750 ribu atau kurungan 3 bulan. (Liputan6.com)

.

Membuang Waktu Percuma

.

Mempersiapkan aksi ini sudah tentu memerlukan waktu seperti menyiapkan kendaraan ,musik yang akan dipakai, mencari jalanan yang dirasa sepi juga memperhatikan penampilan yang dibuat menarik karena akan di posting di medsos supaya mengundang banyak like, tak jarang penampilan yang diperlihatkan pembuat video adalah memperlihatkan aurat, miris!

.

Daripada waktu dibuang percuma alangkah baiknya digunakan untuk beribadah kepada Allah, memposting video Islami ajakan untuk taat kepada Allah, dan mengikuti kajian Islam lebih banyak mendatang manfaat dalam mengisi waktu. Karena waktu yang kita lakukan di dunia ini kelak akan dipertanggung jawabkan di akhirat. Alloh SWT berfirman :

"Demi masa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menerapi kesabaran"

(Q.S Al A'sr 103:3)

.

Hukum Berjoget

.

Asy-Syaikh Al-Faqih Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan,

“Berjoget/menari hukum asalnya makruh. Namun jika dilakukan dengan cara yang nyeleneh atau meniru orang kafir maka menjadi haram”

.

Walaupun hukum asal berjoget adalah makruh, namun jika dilakukan wanita di depan lelaki ajnabi (non-mahram) maka hukumnya haram. Karena jelas hal ini menimbulkan fitnah (godaan) yang besar bagi lelaki, termasuk perbuatan buruk.

.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam mewanti-wanti fitnah (godaan) wanita, beliau bersabda,

“Tidaklah ada sepeninggalku fitnah (cobaan) yang paling berbahaya bagi lelaki selain fitnah (cobaan) terhadap wanita” (HR. Al-Bukhari 5096, Muslim 2740).

.

Sahabat mari sama sama kita tinggalkan hal-hal yang membuat kita terlena dengan pujian makhluk karena sesungguhnya pujian sanjungan makhluk kepada kita apalagi atas prestasi yang sama sekali tidak bernilai ibadah justru akan mencelakakan kita, kita akan tenggelam dilautan kesombongan hinggap membuat keras hati dan sulit menerima kebenaran. Namun mari kita melangkahkan kaki bersama sama ke majelis ilmu perbaiki cara beribadah kepada Allah supaya hidup lebih banyak mendatang manfaat daripada madhorot baik kita ataupun orang orang disekitar.

Wallahua'lam bishowab


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!