Tuesday, July 31, 2018

Demi Eksitensi Remaja Berekspresi



Oleh : Shafiyyah AL Khansa ( Penulis & Revowriter Kebumen)


Dunia sosial media selalu menjadi perbincangan tersendiri di jaman ini terlebih dikalangan para remaja yang katanya sedang pada masa peralihan. Masa pencarian jati diri ini mendorong remaja untuk berekspresi sesuka hati. Di era kapitalis dengan berkembangnya teknologi nampaknya juga menjadi dunia tersendiri bagi para remaja.

Sang generasi disibukkan dengan kecanggihan teknologi. Berbagai jenis aplikasi digandrungi hanya untuk kesenangan dunia semata atau bahkan hanya untuk eksistensi saja. Setelah lahirnya generasi tik tok dimana mereka bisa mengekspresikan dirinya dengan berjoget-joget sedari diringi musik dan pernak-pernik hiasannya.

.

Kini muncul kembali hiburan yang digandrungi para remaja yaitu kiki challenge aksi berjoget-joget sembari mengiringi laju mobil dan dilakukan di jalanan umum ini menjadi trend terbaru bagi para remaja. Meski aksi ini mengundang pro kontra. Ya karena mau gak mau aksi kayak gini berbahaya dong?.

.

Demi eksistensi remaja berekspresi. Yups berekspresi tanpa didasari bekal ilmu yang cukup sehingga lahir generasi tanpa arahan yang matang. Tak mampu memilah mana yang berfaedah dan mana yang tak berfaedah.

.

Lahirnya generasi seperti ini tentu karena adanya beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dan perbaikki. Generasi masa kini disibukkan dengan sesuatu hal yang tak berfaedah. Salah satu faktornya adalah karena minimnya ilmu yang mereka miliki sehingga menjadikannya generasi yang bebas mengekspresikan diri tanpa didasari ilmu.Demi eksistensi duniawi menjadikan mereka berani dalam melakukan aksinya. 

.

Dalam islam generasi akan dididik dan diarahkan kemana langkah hidupnya harus dilangkahkan mereka akan dibekali ilmu agama yang sifatnya adalah fardhu ‘ain juga diimbangi dengan ilmu dunia yang sifatnya fardhu kifayah.

.

Sehingga mereka tidak akan disibukkan dengan sesuatu yang tak berfaedah demi ekspresi dan eksistensi dirinya. Yang ada mereka disibukan dengan hal-hal yang banyak manfaat bukan sekedar untuk diri sendiri namun juga untuk umat.

Allah berfirman

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ

Katakanlah (wahai Muhammad) apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui. Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS Az Zumar: 9)

.

Generasi berilmu akan senatiasa mengendepankan Allah swt dibandingkan dengan teraihnya ekspresi dan eksistensi yang bersifat duniawi saja.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!