Tuesday, July 3, 2018

Belajar Itu Lillah


Oleh: Lulu Wulandari

Hayoo, masih ada nggak remaja muslim yang males ke sekolah? Enggak semangat...banget pergi ke sekolah? Semangatnya cuma kalau ingat si dia yang manis. Yang biasa lewat di depan kelas. Nggak ada dia, garing. Sekolah jadi nggak asik lagi.


Yang masih males belajar, ada nggak? Males buka buku? Apalagi libur sekolah yang panjang kaya' gini. Sebulan guys. Jangankan dibuka bukunya, ditengok aja nggak koq.


Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ   ۚ  وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ  ۙ  وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ   ۗ  وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis". Maka lapangkanlah. Niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu". Maka berdirilah. Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."

(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)


Padahal dalam Islam belajar itu berpahala. Islam menyebutnya dengan 'Tholabul Ilmi' atau menuntut ilmu. Bahkan Allah Subhaanahu Wa Ta'ala menyatakan bahwa berbeda antara orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu. Ilmu akan membuat aktifitas seseorang terbimbing dan terjaga oleh perintah dan larangan Allah. Tanpa ilmu, seseorang akan beraktifitas sekehendak hatinya. Dan itu berbahaya. Berpeluang terjadinya pelanggaran terhadap hukum Allah. 


Lalu ilmu apa saja yang harus kita kuasai? Pertama, ilmu tentang akidah dan syariat Islam. Penting untuk menancapkan keimanan kita. Jika itu sudah dipelajari, maka beralih mempelajari ilmu lain untuk menambah wawasan dan keahilan. Ilmu yang membuat kita semakin dekat pada Allah, adalah ilmu yang bermanfaat. In syaa allaah akan menambah pahala bagi kita. 


Bukan hanya remaja yang dituntut untuk belajar. Tapi orang tua pun wajib menuntut ilmu. Sehingga jika menuntut ilmu hukumnya wajib. Maka kaum muslim yang belajar baik remaja atau orang tua dengan niat lillah, karena Allah, in syaa allaah akan mendapat pahala. Dan konsekuensinya, meninggalkan belajar atau malas menuntut ilmu, menjadi sebuah dosa dan pelanggaran. 


Yuk belajar. Selalu ada malaikat Raqib dan Atid yang mencatat amal perbuatan kita tanpa henti. Belajarlah karena Allah, in syaa allaah akan dicatat Allah sebagai perbuatan baik. Dan menambah berat timbangan kebaikan kita. Luruskan niat ya. Ke sekolah bukan karena si dia. Tapi karena Allah. Belajar juga niatkan karena Allah. Wallahu 'alam



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!