Friday, July 20, 2018

Amal Terbaik Untuk Hidup


Oleh: Minah, S.Pd.I

(Penulis Motivasi)


Setiap manusia menginginkan yang terbaik dalam hidup ini, karena baginya itulah kebahagiaan. Beramal baik di dunia dan mendapatkan hasil yang baik di akhirat kelak. Menginginkan yang terbaik hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Jika Allah ridho dengan amal kebaikan yang kita lakukan maka tentu Allah akan balas berupa pahala dari Allah. Tapi terkadang masih ada saja yang salah dalam memahami sebuah amal kebaikan. Niatnya benar tapi caranya salah. Dan terkadang niatnya salah tapi caranya benar. Ini yang membuat amal itu tidak diterima oleh Allah atau bahkan amalannya tertolak. Oleh karena itu kita butuh Ilmu untuk memahami bagaimana amal kita bisa diterima oleh Allah, yaitu  dengan cara mengkaji Islam.


Jika kita berbicara tentang niat, memang kita harus niat ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho Allah agar amal perbuatan yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Terkait ihsanul amal atau amal yang baik yang akan diterima oleh Allah, ini ada 2 syarat. Hmm.. apa syaratnya? Syaratnya adalah Niat ikhlas semata-mata karena Allah dan caranya harus benar. 


1. Niat Ikhlas


Niat Ikhlas, sangatlah dibutuhkan dalam melaksanakan perbuatan sehingga apa yang kita lakukan mendapatkan ridho Allah, segala sesuatu jika dikerjakan dengan ikhlas, pasti akan terasa ringan. Akan tetapi, jika perbuatan yang dilakukan tidak dengan niat ikhlas maka perbuatannya itu tertolak dan pasti akan terasa berat jika melakukan perbuatan tersebut. Dan perlu kita ketahui bahwa segala amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.


Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya segala perbuatan itu berlandaskan niat, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa yang tujuan hijrahnya untuk meraih dunia, atau untuk menikahi wanita, maka hijrahnya  sebatas apa yang menjadi tujuan hijrahnya itu.” (HR.Bukhari).


Dari hadits diatas, berarti kita hanya akan mendapatkan sesuai dengan niat kita, jika niat kita ikhlas hanya semata-mata ingin mendapatkan Ridho Allah maka pasti Allah balas berupa pahala dari Allah. Tapi, jika niatnya untuk dipuji oleh orang lain maka amal perbuatan itu tertolak. Oleh karena itu, jalankanlah semua amal kebaikan itu hanya niat karena Allah. Misal, ketika kita berkerudung maka niatkan ikhlas hanya ingin mendapatkan ridho Allah dan karena berkerudung itu adalah suatu kewajiban bagi seorang wanita. Dia tahu bahwa ketika dia melangkahkan kakinya keluar rumah maka dia berkewajiban menutup auratnya. Ketika kita Ikhlas hanya karena Allah maka seorang wanita itu bisa istiqomah untuk menutup auratnya. Insyaallah.


2. Caranya Harus Benar


Dalam beramal baik tidak sekedar niat ikhlas tapi juga caranya harus benar. Yaitu mengikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.


"……Apa yang diberikan/diperintahkan Rasul kepada-mu maka terimalah/laksankanlah, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah." (QS.Al-Hasyr:7)


"Siapa saja yang melakukan suatu perbuatan yang tak ada perintah kami atasnya, maka perbuatan itu tertolak."  (HR. Muslim)


"Siapa saja yang mengada-adakan —dalam urusan (agama) kami ini— sesuatu yang tidak berasal darinya, maka hal itu tertolak." (HR. Bukhari).


Sudah sangat jelas dari dalil diatas, bahwa beramal baik harus sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Jika tidak sesuai maka amalan perbuatan yang dilakukan akan tertolak. Oleh karena itu, beramal baiklah dengan Niat ikhlas semata mata hanya karena Allah dan caranya harus benar.


 Misal, kita sudah tahu nih hukum sholat itu wajib, seharusnnya langsung dilaksanakan, tidak sekedar niat saja tapi juga harus melaksanakan sholat. Sama halnya dengan menggunakan kerudung, ini adalah suatu kewajiban bagi seorang perempuan yang harus dilaksanakan, niat ikhlas menggunakan kerudung dan juga harus melaksanakannya dengan cara yang benar. Yaitu menutup aurat dengan sempurna menggunakan kerudung dan jilbab. 


Jadi, Amal terbaik dalam hidup adalah beramal baik yang dilakukan dengan niat ikhlas semata-mata ingin mendapatkan ridho Allah dan caranya benar sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.  Semoga kita mampu untuk beramal sholeh, dengan niat yang benar dan caranya juga harus benar. Wallahua’lam


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!