Monday, July 2, 2018

Al quran: Vitamin Hebat Untuk Kecerdasan Anak


Oleh : Ummu Abdullah (pemerhati dan Pengajar Anak Usia Dini)


"Bunda... Anaknya kok pinter gitu, dikasih vitamin apa ya? Lesnya di mana?"

Yup..pertanyaan itu acap kali dicecar kepada orang tua yang putranya berprestasi di sekolah.


Waah..kalo ditanya vitaminnya apa..terkadang bingung juga ya... Ternyata vitamin yang the best yang bisa kita berikan kepada anak kita adalah vitamin yang langsung dari Sang Maha Pengatur Kehidupan yaitu Allah SWT. Vitamin itu bernama Al Quran.

 

Sedangkan Bimbel yg terbaik dengan mentor yang hebat..ya, di rumah dengan bunda sebagai pembinanya.

Korelasi Al Quran dengan kecerdasan anak


Bunda yang memberikan stimulus dengan Al quran sedini mungkin sejak ananda di dalam kandungan. Lantunan tartil dan tajwid yang shohih akan terakumulasi menjadi nada-nada membentuk harmoni yang indah,ternyata mampu merangsang syaraf-syaraf otak pada ananda.

Ingat, neuron otak bayi ibarat rangkaian jaringan kabel listrik yang tersusun sedemikian kompleks. Jaringan ini harus selalu dialiri listrik. Jika tidak, maka jaringan yang tidak terpakai akan aus bahkan mati. Sayang bukan?


Menurut Dr. H. Ahmad Khusairi Suhail, MA,beliau mengatakan anak-anak yang diback up dengan Al Quran sedini mungkin, si anak akan memiliki keahlian di semua bidang.

Sebuah penelitian di Arab Saudi membuktikan bahwa hampir semua anak yang mendapat peringkat tertinggi di kelasnya adalah anak-anak yang memgikuti halaqah Al Quran. Subhanallah..


Kok bisa ya?? Membaca Al Quran yang baik dan benar, perlu konsentrasi yang tinggi. Mengingat hukum tajwid di setiap kata di dalam Al quran. Apalagi menghafalnya..byuh... Kita aja merasa berat ketika harus menghafal rumus-rumus di dalam pelajaran matematika. Eh..ini menghafal Al Quran... Kalam Allah yang terdiri dari 30 juz,114 surat, 6666 ayat.. Jadi, Perlu memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk menghafalnya.


Jadi..betul kan? Ternyata vitamin yang paling cespleng untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak dengan mendekatkan mereka dengan Al Quran sedini mungkin. 

Terbukti, banyak ilmuwan-ilmuwan hebat yang lahir dan hidup dengan Al quran :

1. Ibnu Sina " Sang Dokter", senantiasa menghafal Al Quran sebelum mempelajari ilmu lainnya.

2. Al Khuwairizmi " pemecah teori Algoritma", tak pernah luput dari murajaah Al Quran. 


Bahkan Allah sendiri yang menjamin  para penghafal Al quran. Allah akan memberikan kemudahan pada ilmu-ilmu yang lain. Sebagaimana firman Allah di dalam QS. Mujadilah 11.

Didiklah anak anak kita sedini mungkin dengan Al quran.. Berilah vitamin yang berkualitas untuk kecerdasan anak anak kita.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!