Saturday, July 14, 2018

Ahli Surga vs Ahli Neraka


Oleh: Yanyan Supiyanti A.Md (Pengajar STP SD Khoiru Ummah Rancaekek & Anggota Akademi Menulis Kreatif)


Alloh subhanahu wa ta'ala di dalam banyak ayat al-Qur'an, membagi manusia menjadi dua golongan besar, yaitu: ahli surga dan ahli neraka.


Ahli Surga


Ahli surga adalah kaum yang bertaqwa. Kaum yang bertaqwa menurut al-jazairi, adalah mereka yang menjauhi syirik dan kemaksiatan karena takut kepada azab-Nya (Al-jazairi, Aysar al-Tafasir, 5/502).


Alloh subhanahu wa ta'ala telah menyediakan ganjaran di akhirat dan balasan kebaikan di dunia bagi hamba-hamba-Nya yang bertaqwa. 

Di akhirat Alloh subhanahu wa ta'ala menyediakan surga bagi kaum yang bertaqwa:

"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa." (TQS. Ali 'Imran [3] : 133)


Di dunia, Alloh subhanahu wa ta'ala memberikan jalan keluar atas berbagai persoalan hidup dan rizki dari jalan yang tak diduga:

"...Barangsiapa bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya..." (TQS. ath-Thalaq [65] : 2-3)


Alloh subhanahu wa ta'ala pun membukakan keberkahan dari langit dan bumi bagi penduduk negeri yang bertaqwa:

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,..." (TQS. al-A'raf [7] : 96)


Kaum yang bertaqwa itu mendapat kemenangan. Kemenangan itu tak lain adalah surga:

"Sungguh, orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan. (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun (perkataan) dusta. Sebagai balasan dan pemberian yang cukup banyak dari Tuhanmu." (TQS. an-Naba' [78] : 31-36)



Ahli Neraka


Ahli neraka adalah para pendosa.


Alloh subhanahu wa ta'ala memberikan peringatan dan ancaman besar di dunia maupun di akhirat atas penyimpangan, kemaksiatan dan dosa yang dilakukan oleh manusia.


Di akhirat, para pendosa yang menyimpang dari petunjuk dan aturan Alloh subhanahu wa ta'ala akan dijatuhi azab yang pedih:

"Dan orang yang berdosa melihat neraka, lalu mereka menduga, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya, dan mereka tidak menemukan tempat berpaling darinya." (TQS. al-Kahfi [18] : 53)


Bukan hanya di akhirat, Alloh subhanahu wa ta'ala juga memperingatkan, siapa saja yang berpaling dari Syari'ah-Nya, bagi dia kehidupan yang sempit di dunia: "Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit,..." (TQS. Thaha [20] : 124)



Berbagai kesempitan hidup yang dirasakan saat ini boleh jadi wujud dari apa yang Alloh subhanahu wa ta'ala peringatkan itu. Saat ini petunjuk wahyu-Nya dikesampingkan, Syari'ah-Nya ditinggalkan. Sebaliknya, hukum warisan para penjajah diterapkan dan dilestarikan. Sistem buatan manusia yang jauh dari ketentuan al-Qur'an dan as-Sunnah, justru diterapkan disegala aspek kehidupan. Akibatnya, kehidupan umat pun terus dirundung masalah dan kesusahan yang tak ada habisnya.


Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman: "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, Alloh menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (TQS. ar-Rum [30] : 41)


Tidak ada jalan keluar dari semua masalah yang ada, kecuali dengan kembali pada petunjuk wahyu, kembali pada Syari'ah-Nya. Tentu dengan menerapkan Syari'ah Islam untuk mengatur seluruh aspek kehidupan.


Penerapan Syari'ah Islam secara menyeluruh (kaffah) ini pasti akan mewujudkan keberkahan dari langit dan bumi, sebagaimana yang telah Alloh subhanahu wa ta'ala janjikan.

Wallahu 'alam bi ash-showab.[]


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!