Friday, July 20, 2018

Agar Stamina Nulis Tetap On


Oleh : Irwansyah


Semangat adalah salasatu modal besar untuk meraih cita-cita atau tujuan. Kalau semangat sudah kendor, muncullah yang namanya rasa malas. Rasa malas inilah yang menjadi penghambat kita dalam meraih tujuan. 


Apapun cita-cita kita ke depan, termasuk menjadi penulis, hadirkanlah semangat dalam jiwa kita ketika menjalani prosesnya. 


Namun, tidak bisa kita pungkiri, sifat malas terkadang datang menghampiri kita, mungkin karena beberapa faktor. Itu hal yang wajar. Tapi, jangan sampai sifat malas ini awet dalam diri kita. 


Rasa malas dalam latihan menulis juga pernah loh menghampiri saya.


Flashback sedikit. Tepatnya pada bulan Ramadhan lalu. Saya membuat tulisan sebanyak tiga puluh item untuk diposting di medsos setiap harinya, selama Ramadhan. Hari pertama sampai sepuluh Ramadhan, postingan lancar. Naas, di hari ke sebelas, tulisan yang pernah saya buat semuanya terhapus. Seketika semangat menulis saya pun ikut hilang. Setelah itu, saya tidak pernah lagi latihan menulis. 


Alhamdulillah. Setelah lebaran, semangat latihan menulis kembali pulih. Berkat dorongan dan motivasi dari cikgu Apu Indragiry dan teman-teman . Semoga semuanya sehat selalu dan rezekinya melimpah. 😊


Nah, kali ini saya akan berbagi tips, cara jitu mempertahankan energi semangat dalam menulis. 


1. Ingat tujuan


Apa target dan tujuan kedepannya, sehingga teman-teman hari ini belajar nulis? Cukup jawab dalam hati masing-masing. Semoga tujuan tersebut bisa menambah semangat kita. Kalau rasa malas datang, ingat lagi tujuannya. 


2. Percaya diri 


Tidak ada bayi yang langsung bisa berlari. Tulisan-tulisan yang keren tidak dilahirkan secara instan. Ada proses yang mendahuluinya. Kuncinya, jangan pernah bosan untuk latihan. Katakan pada diri, kita bisa dan layak jadi penulis hebat. Kalau ada nyibir, abaikan. Percaya diri aja keles. 😁


3. Ciptakan luang 


Banyak baca banyak wawasan. Bawalah buku kemana aja kita pergi. Luangkan waktu untuk membacanya. Rutinlah menulis walau hanya sebaris dalam sehari. Besoknya buat lagi, usahakan dua baris. Dan seterusnya, sampai satu paragraf. Terus tingkatkan. Kalau ini sudah rutin, yakinlah suatu saat kita bisa membuat tulisan sampai berhalaman-halaman.


4. Keep sharing


Manusia itu punya sifat pelupa. Biar ilmu nulisnya awet dalam ingatan, rajin-rajinlah berbagi ilmu kepada yang lainnya. Dengan berbagi, Allah akan menambahkan lagi ilmu yang bermanfaat kepada kita. Percaya deh! 😊


Tetap cemunguuuuuttt eaaaa 😊😁


Dah itu aja. 😁


Moga bermanfaat. 😊


#AMK6

#BelajarNulis

#Tips

#Sharing

#SayaPenulisSpecial

#SayaPenulisHebat


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!