Monday, July 16, 2018

Ada Islam Nusantara, Sengsarakah Remaja?


Oleh : Azzah Sri labibah S.Pd

Pengasuh majelis taklim remaja pantura 


Sekian lama telah meredup,sekarang mencuat lagi Islam nusantara sejak adanya perkataan Dari Prof. Mahfudz MD yaitu "tugas umat islam Indonesia adalah mengindonesiakan Islam bukan mengislamkan Indonesia ", apapun maksud beliau tapi memang ada yang memfiralkan Islam nusantara dengan tujuan tertentu.


Konsep Islam nusantara dianggap sebagai wujud kearifan lokal Indonesia, ketua umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyatakan bahwa Islam nusantara adalah gabungan nilai Islam dengan nilai nilai tradisi,lokal budaya dan adat istiadat Di tanah air.menurut Said, Islam di Indonesia tidak harus seperti Islam di Arab atau timur tengah.islam nusantara tegasnya adalah Islam yang khas ala Indonesia. 

(republika.co.id,10/3)


Argumentasi diatas sangatlah tidak tepat karena alquran diturunkan oleh Allah sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia tidak ada kekhususan untuk orang Arab, eropa,Asia dan sebagainya . Dan Islam bukanlah buatan orang Arab walaupun isinya bahasa Arab, ini adalah perintah Allah untuk seluruh umat manusia bukan untuk umat tertentu. Dengan demikian jelaslah Islam nusantara tidak berasal dari perintah Allah swt.


Dengan adanya Islam nusantara sengaja atau tidak sengaja ada remaja yang disengsarakan yaitu 

1. Remaja awam

Remaja awam atau tidak paham agama ketika mau beribadah akan melihat ulama,ustad,kiyai haji dan lain lain. misalkan saja ketika dia mau menutup aurot,ada Ustad yang menunjukkan dalil wajibnya memakai jilbab dan kerudung tapi disisi lain ada kiyai haji yang mengatakan bahwa berjilbab itu budaya Arab  bukanlah kewajiban bagi muslimah Indonesia .maka remaja awam akan bingung mau menutup aurot Sehingga ini akan menyengsarakan mereka ketika melaksanakan beribadah. 

2.Aktifis dakwah Islam kaffah 

Dakwah Islam secara kaffah /menyeluruh adalah kewajiban seluruh umat  termasuk remaja, Namun dengan adanya Islam nusantara ini pengemban dakwah akan terhambat karena ketika menyampaikan isi alquran dikatakan radical, sesat bahkan disebut sebagai teroris. Jadi isu Islam nusantara justru akan menghambat tersiarnya petunjuk dari Allah swt.

3. pengemban Islam nusantara 

Secara tidak sadar sebenarnya pengemban Islam nusantara akan sengsara di akhirat karena sudah diperintahkan Allah untuk mengambil seluruh perintah dan larangan Allah (QS. Al baqoroh ayat 208) yang artinya "Hai orang orang yang beriman masuklah Islam secara keseluruhan" Dan ancaman Allah pada QS al baqoroh ayat 85 yang artinya "Apakah kalian mengimani sebagian kitab Dan mengingkari sebagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian diantara kalian melainkan kenistaan dalam dunia, Dan pada hari kiamat mereka akan dicampakkan kedalam siksa yang amat berat. Allah tidaklah lengah terhadap apa yang kalian perbuat "


Sejatinya Islam nusantara akan menyengsarakan seluruh kaum muslim karena akan semakin menjauhkanya kepada Allah swt,dan akan semakin tercerai berai kaum muslim dengan adanya julukan Islam radikal karena bertentangan dengan Islam nusantara dan ada Islam moderat karena sesuai budaya nusantara. Bahkan ada juga Islam Arab, Islam eropa,asia dan sebagainya.

Ketahuilah keadaan demikian yang akan membuat orang kafir bahagia dan kaum muslim sengsara. Wallahu a'lam.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!