Monday, June 4, 2018

Refleksi Nuzulul Qur'an, Alqur'an Bukan Sekedar Bacaan


Oleh : Yani Tsabita - Gresik


Segala puji hanyalah bagi Allah,  bulan yang penuh berkah ini telah memasuki 10 hari kedua dimana pada malam malamnya ada 1 malam yang istimewa yaitu malam nuzulul qur'an,  malam pertama turunnya Alqur'an.  Allah menurunkan Alqur'an secara berangsur angsur kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan untuk meraih keridhoanNya menuju kehidupan akhirat. 


Seiring dengan pengangkatan Nabi Muhammad menjadi utusan Allah yang terakhir dan suri tauladan terbaik dalam mengaplikasikan Alqur'an selama beliau berdakwah menyebarkan risalah Allah,  maka patut kita syukuri bahwa kaum muslimin pernah berjaya selama 130 tahun dalam naungan Islam. Namun kondisi saat ini di tengah tengah kemajuan zaman,  kaum muslimun terlena dengan gemerlap dunia.  Terlebih ketika sistem yang di terapkan adalah sistem kapitalis,  yaitu sebuah sistem yg memisahkan aturan kehidupan dengan agama,  sehingga membentuk jiwa seseorang semakin jauh dari agama,  lebih memilih urusan dunia, yaitu bekerja,  menghimpun kekayaan dan konsumtif. 


Hakikat Alqur'an sebagai petunjuk tidak di jadikan rujukan dalam tatanan kehidupan,  sehingga berbagai cara digunakan untuk meraih keinginannya tanpa memperhatikan halal dan haram.  Lazimnya bagi seorang muslim Alqur'an bukanlah sekedar di baca tapi harus dipahami isinya dan di amalkan dalam kehidupan.  Alqur'an sebagai petunjuk mengandung aturan kehidupan ( aturan terkait hubungan dengan Allah,  diri sendiri n dengan sesama manusia), merupakan solusi dalam setiap permasalahan hidup,  termasuk menyelesaikan carut marut negri ini. 


Aturan kehidupan dalam Alqur'an ini dapat diterapkan kala ada institusi yang menaunginya yaitu khilafah,  institusi yang di dalamnya membentuk pribadi yang ber imtak, pengaturan tata kehidupan yang harmonis karena bersumber dari Sang Pencipta dan menjadikan kehidupan penuh rahmat.  



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!