Friday, June 1, 2018

Ramadhan Bulan Alquran


Oleh: Minah, S.Pd.I


Ramadhan adalah bulan diturunkannya alquran. Alquran yang diturunkan oleh Allah  SWT adalah sebagai petunjuk bagi umat manusia dan tidak ada keraguan padanya. Ayat-ayatnya sungguh jelas dan pasti, sebagai penjelas dari petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira, pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus. 


Alquran adalah kitab yang mampu menghidupkan jiwa dan menenteramkan hati. Dengan izin  Allah, Alquran bisa mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Siapa saja yang berkata dengan menggunakan Alquran, pasti akan terpercaya. Siapa saja yang mengamalkannya, pasti akan beruntung. Siapa saja yang memutuskan hukum dengannya, pasti akan adil. Dan siapa saja yang mendakwahkannya, pasti akan mendapatkan hidayah ke jalan yang lurus.


Alquran adalah sebaik-baik bekal bagi setiap muslim. Dengan Alquran hati akan menjadi hidup. Para pengembannya akan senantiasa mengatakan yang hak, dan tidak takut terhadap celaan  orang yang suka mencela, semata-mata karena Allah.


“Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari dari Utsman bin Affan r.a.).

Alquran memberi syafaat. Alquran akan memberikan syafaat (pertolongan) pada Hari Kiamat nanti kepada orang yang biasa membaca, mengkaji dan mengamalkannya. Baginda Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah oleh kalian Alquran karena ia akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membaca dan mengamalkannya.” (HR Muslim). 


Oleh karena itu, yuk jalani ramadhan kita dengan sebaik mungkin dengan semakin tunduk dan taat kepada Allah, senantiasa sering membaca alquran, mengkajinya dan mengamalkannya. Tak hanya di bulan ramadhan saja, namun diluar ramadhan pun, kita mampu mengamalkan alquran.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!